Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Internet dengan Powerpoint pada Materi Sistem Ekskresi di Kelas XI SMA Negeri 19 Medan

Edi Azwar

Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media Internet dengan Powerpoint pada materi Sistem Ekskresi di kelas XI SMA Negeri 19 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 19 Medan yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah siswa sebanyak 147 siswa dan pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling sebanyak dua kelas dengan perincian , kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen media Internet dan kelas IPA 3 sebagai kelas eksperimen media Powerpoint. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah tes objektif 40 soal dari 70 soal yang telah diuji validitasnya. Bedasarkan uji normalitas data pada media Internet diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0,1075 < 0,1497, maka dapat dinyatakan bahwa kelas media Internet berdistribusi normal. Sedangkan uji normalitas yang dilakukan pada media Powerpoint dipeoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0,1368 < 0,1497 hal ini menunjukkan bahwa kelas media Powerpoint berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas variabel penelitian diperoleh nilai Fhitung < Ftabel pada taraf signifikan α = 0,05 yaitu 1,28 < 1,77, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sampel homogen. Setelah mendapat perlakuan, nilai rata-rata postest siswa di kelas media Internet (𝑋̅ = 80,29 ; SD = 8,66) lebih tinggi dibanding kelas media Powerpoint (𝑋̅ = 68,57 ; SD = 10,89). Dari uji t diperoleh thitung 4,99 > ttabel 1,62 yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media Internet dengan media Powerpoint pada materi Sistem Eksresi di XI SMA Negeri 19 Medan.

Kata Kunci: media internet, media powerpoint, sistem eksresi, hasil belajar siswa.


Full Text:

##PDF##

Refbacks

  • There are currently no refbacks.