Peranan Bimbingan dan Konseling Pada Siswa dalam Mengatasi Kesulitan Belajar oleh Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Parbuluan

Hinsa Simanjuntak

Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bimbingan dan konseling. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII beserta guru matematika XII SMA N 1 Parbuluan tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan setiap akhir siklus diadakan evaluasi. Tiap siklus terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Pelaksanaan penelitian dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 76,07 dan ketuntasan hasil belajarnya 80,95%, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II adalah 82,29 dan ketuntasan hasil belajarnya 92,86%. Keaktifan siswa pada siklus I pertemuan pertama mencapai 70,83% dan pertemuan kedua mencapai 75%, sedangkan pada siklus II pertemuan pertama adalah 77,08% dan pertemuan kedua adalah 81,25%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari pelaksanaan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan bimbingan dan konseling dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keaktifan siswa.

Kata Kunci: Bimbingan dan Konseling, Kesulitan Belajar.


Full Text:

##PDF##

Refbacks

  • There are currently no refbacks.