EVALUASI SISTEM DRAINASE UNTUK MENANGGULANGI BANJIR PADA JALAN DR. MANSYUR KECAMATAN MEDAN SELAYANG

Diana Suita, Simon Petrus Simorangkir

Abstract


Kawasan Jalan Dr. Mansyur Medan memiliki permasalahan yang harus dibenahi. Masalahnya adalah ketika curah hujan tinggi di kawasan tersebut terjadi genangan air di badan dan di bahu jalan serta disfungsinya saluran drainase. Penulisan ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan dimensi saluran yang ada serta mengidentifikasi penyebab terjadinya genangan air kondisi saat ini. Batasan masalah yang ditinjau dari penulisan skripsi ini adalah menghitung kapasitas saluran drainase eksisting, menghitung penampang saluran sesuai debit banjir dan menganalisis kondisi saluran drainase eksisting.

Hasil perbandingan debit saluran eksisting terhadap debit banjir didapat bahwa debit saluran eksisting pada saluran S-DM I = 0,798 m3/det dan S-DM II = 0,5901 m3/det dan debit banjir untuk kala ulang 10 tahun Q = 1,7665 m3/det, maka saluran tidak mampu menampung debit banjir, dan harus dilakukan perencanaan ulang saluran drainase. Dengan B = 1,1 m dan H = 1,6 m. Untuk debit rancangan ulang saluran diperoleh Q rancangan S-DM I = 1,9702 m3/s dan S-DM II = 1,8612 m3/s lebih besar dari Q banjir untuk kala ulang 10 tahun = 1,7665 m3/det, maka rancangan ulang saluran mampu menampung debit banjir.


Full Text:

PDF

References


Anonim, 1997, Drainase Perkotaan. Penerbit Gunadarma, Jakarta

Anonim, 2017, Batas Medan Selayang. [online]. (Http://www.wikipedia.com/Medan selayang, Medan.Html, diakses tanggal 20 Juli 2017)

Fairizi, D., 2015, Analisis dan Evaluasi Saluran Draibase pada Kawasan Perumnas Talang Kelapa di Subdas Lambidaro Kota Palembang, Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan, Vol. 2 No..1 Maret

Hindarko, S., 2000, Drainase Perkotaan, ES-HA

Riman, 2011, Evaluasi sitem Drainase Perkotaan di Kawasan Kota Metropolis Surabaya, Widya Teknika, Vol. 19 No. 2 Oktober

Soemarto, C, D., 1999, Hidrologi Teknik, Penerbit Erlangga, Jakarta

Suripin, 2003, Sistem Drainase Perkotaan yang berkelanjtan. PT Andi Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Diana Suita, Simon Petrus Simorangkir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License