ANALISA PENENTUAN PERUBAHAN CALON PENERIMA RASTRA (BERAS SEJAHTERA) DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE METHOD (SAW) DI DESA HUIDU KABUPATEN GORONTALO

Tri Pratiwi Handayani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menerapkan algoritma Simple Additive Method (SAW) dalam kasus penentuan perubahan calon penerima Rastra (Beras Sejahtera) di Desa Huidu Kabupaten Gorontalo. Algorima SAW (Penambahan bobot sederhana) adalah salah satu algoritma sistem pendukung keputusan yang mampu mendukung proses pengambilan keputusan yang dikategorikan sebagai multi kriteria decision making (MADM) atau pengambilan keputusan yang melibatkan banyak kriteria. Metode ini terdiri dari beberapa tahap. Pertama Matriks alternatif dibuat terlebih dahulu. Matriks alternatif merupakan matriks yang berisi alternatif alternatif yang akan dirangking pada akhir proses. Dalam kasus ini alternatif adalah nama – nama calon penerima Rastra yang akan dievaluasi pada rapat musyawarah desa. Kedua Matriks kriteria dibuat untuk menjadi indikator prioritas dalam mendukung keputusan. Tahap ketiga adalah penentuan atribut biaya dan atribut keuntungan dari kriteria yang telah ditetapkan. Tujuannya adalah membedakan kriteria yang bersifat keuntungan dan kriteria yang bersifat biaya. Keempat adalah penentuan bobot dari kriteria yang telah ditetapkan. Pada kasus ini diambil bobot bernilai 4 sebagai bobot yanng tetinggi dan bobot bernilai 1 sebagai bobot yang terendah. Penentuan nilai bobot pada kasus ini berdasarkan hasil wawancara dengan aparat desa. Kelima, melakukan normalisasi bobot dengan menggunakan persamaan. Keenam, menentukan preferensi alternatif terbobot. Sehingga didapatkanlah matriks keputusan.Dari hasil penelitian menunjukkan algoritma ini mampu memberikan ranking kelayakan calon Rastra. 


Full Text:

PDF

References


Andrianto, R. Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerima Beras Untuk Keluarga Miskin (Raskin) Pada Desa Golantepus Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Laporan Skripsi Universitas Muria Kudus. 2013.

Sofyan F., Nurfarida E., Yustika, W.E. 2016. Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Raskin Desa Mabung Kabupaten Nganjuk Menerapkan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal Informatika dan Mutimedia, Vol. 08, No.02.

Angrawati D, Yamin M dan Ransi N. Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Jumlah Beras Miskin Menggunakan Metode Simple Additive Weight (SAW). SemantTik, Vol.2, No.1, Jan –Jun 2016, pp.39-46.

Ekawati, A. 2012. Sistem Pendukung Keputusan Pembagian Raskin dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Laporan Skripsi Program Studi Teknik Informatika, Universitas Dian Nuswantoro.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

Creative Commons License
InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License