SISTEM PENDETEKSIAN KEMIRIPAN JUDUL SKRIPSI MENGGUNAKAN ALGORITMA WINNOWING

Nurdin Nurdin, Amin Munthoha

Abstract


Proses pengelolaan judul skripsi yang telah ada dan pendistribusian informasi kepada mahasiswa serta penentuan diterima atau tidak terhadap judul-judul yang diajukan oleh mahasiswa masih dilakukan secara manual yaitu dengan mengecek satu-persatu sehingga membutuhkan waktu yang lama dan kurang efektif. Sistem pendeteksian kemiripan judul skripsi dengan menggunakan algoritma winnowing dirancang untuk memudahkan koordinator tugas akhir atau Ketua Program Studi dalam menentukan persentase kemiripan dengan judul yang telah ada. Sistem akan meminta sebuah masukkan berupa judul yang akan di cek kemiripannya dan menampilkan hasilnya kepada user. Dari 117 judul skripsi yang telah ada, terdapat 11 judul yang sama terhadap judul yang dimasukkan dengan tingkat kemiripan lebih besar sama dengan 20 persen. Dengan adanya sistem ini diharapkan proses-proses tersebut menjadi lebih mudah, cepat dan efektif.

 

Keywords: algoritma winnowing, deteksi kemiripan, plagiarisme, judul skripsi


Keywords


algoritma winnowing, deteksi kemiripan, plagiarisme, judul skripsi

Full Text:

PDF

References


Christian., 2013. Perancangan Sistem Deteksi Plagiarisme Dokumen Teks Menggunakan Algoritma Damerau Levenshtein Distance. Jurnal Mahasiswa PTIIK UB Vol.2 No.1, 2013.

Pratama Riyan Mudafiq., 2011. Aplikasi Pendeteksi Duplikasi Dokumen Teks Bahasa Indonesia Menggunakan Algoritma Winnowing Dengan Metode K-Gram dan Synonym Recognition. Jurnal Tugas Akhir Jurusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang.

Ramadhan Arief., 2006. Student Guide Series- Pemrograman Web Database dengan PHP dan MySQL. PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Stein, Benno, Sven Meyer zu Eissen. 2006. Selected Papers from the 29th Annual Conference of the German Classification Society (GfKl) Magdeburg: Near Similarity Search and Plagiarism Analysis. ISBN 1431-8814, pp. 430-437, c Springer 2006

Surahman Mirza Ade., 2013. Perancangan Sistem Penentuan Similarity Kode Program pada Bahasa C dan Pascal dengan Menggunakan Algoritma Rabin-Karp. Jurnal Tugas Akhir Teknik Informatika Universitas Tanjungpura.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

Creative Commons License
InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License