SISTEM PAKAR HUKUM PIDANA PENCURIAN MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY DECISION TABLE BERBASIS ANDROID

Agung Wibowo, Rival Afrian, Saeful Bahri, Taufik Hidayatulloh, Rusda Wajhillah

Abstract


Hukum pidana yang komplek sulit dimengerti orang awam dalam memilah pasal-pasal yang mengaturnya, untuk lebih mempermudah masyrakat dalam mengerti dan memilah tentang pasal-pasal yang digunakan untuk menjerat pelaku hukum pidana, pada peneitian ini akan encoba menerapkan sebuah algoritma yang mengelompokan dan menentukan kadar dari sebuah tinggkat kejahatan yang dilakukan dalam hal ini algoritma yang kami gunakan yaitu fuzzy decision tree yang telah terbukti cocok untuk kasus yang yang mempunyai nilai abu-abu,algoritma ini kami gunakan untuk untuk menentukan perundangan mana yang yang cocokdisangkakan kepada pelaku pidana, pada penelitian ini kami hanya melakukan penelitian pada tindak pidana pidana materiil, terutama kasus pencurian, agar lebih mempermudah dalam penggunaan kami menerapkan rule-rule hasil perhitungan dari defuzifikasinya kedalam decision tree selanjutnya kami terapkan kedalam sebuah aplikasi berbasis mobile android.


Keywords


Fuzzy decison tree; Pidana materiil; Android

Full Text:

PDF

References


Andreas Handojo, Fendhy Ongko, and M. Isa Irawan, "PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK PERMASALAHAN TINDAK PIDANA TERHADAP HARTA KEKAYAAN," Jurnal Informatika, vol. 5, no. 1, pp. 32-38, Mei 2004.

Ahmad Bahiej, "Sejarah dan Problematika Hukum Pidana Materiel di Indonesia," SOSIO-RELIGIA, vol. 4, no. 4, pp. 1-20, Februari 2006.

Agus Raharjo, "Problematika Asas Retroaktif dalam Hukum Pidana Indonesia," Jurnal Dinamika hukum, vol. 8, no. 1, pp. 70-80, Januari 2008.

Roni Wiyanto, Asas-Asas Hukum Pidana Indonesia. Bandung, Indonesia/Jawa Barat: Mandar Maju, 2012.

Bag. Ren., "Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Sukabumi," Kepolisian Resor, Sukabumi Kota, Annual 2013.

Sat Reskrim, "Laporan Tahunan Kriminal Sat Reskrim," Kepolisian Rsor, Sukabumi Kota, Annual 2013.

Wahyu Ardianto, Wiwik Anggraeni, and Ahmad Mukhlason, "Pembuatan Sistem Pakar Untuk Pendeteksian dan Penanganan Dini Pada Penyakit Sapi Berbasis Mobile Android Dengan Kajian Kinerja Teknik Knowledge Representation," Jurnal Teknik ITS, vol. 1, no. 1, pp. 310-315, Jan. 2012.

Hersatoto Listiyono, "Merancang dan Membuat Sistem Pakar," Dinamik - Jurnal Teknologi Informasi , vol. 13, no. 2, pp. 115-124, Juli 2008.

Nina Sevani, Marimin Marimin, and Heru Sukoco, "SISTEM PAKAR PENENTUAN KESESUAIAN LAHAN BERDASARKAN FAKTOR PENGHAMBAT TERBESAR (MAXIMUM LIMITATION FACTOR) UNTUK TANAMAN PANGAN," Jurnal Informatika, vol. 10, no. 1, pp. 23-31, Mei 2009.

Meilany Nonsi Tentua, "SISTEM PAKAR UNTUK IDENTIFIKASI KEJAHATAN DUNIA MAYA," Jurnal Dinamika Informatika, vol. 4, no. 1, pp. 1-9, Februari 2010.

Muhammad Ichwan, Milda Gustiana Husada, and M. Iqbal Ar Rasyid, "PEMBANGUNAN PROTOTIPE SISTEM," Jurnal INFORMATIKA, vol. 4, no. 1, pp. 13-25, Januari 2013.

Nardi Nardi and Nazori A Z, "OTOMASI KLASIFIKASI AWAN CITRA SATELIT MTSAT ," Telematika MKOM, vol. 4, no. 1, pp. 104-117, Maret 2012.

Jogiyanto Hartono Mustakini, Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan. Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta, Indonesia: ANDI, 2005.

Frank J.A. WITLOX, Aloys W.J. BORGERS, and Harry J.P. TIMMERMANS. (2004) [Online]. https://deepblue.lib.umich.edu/bitstream/handle/2027.42/60302/WitloxEdited.PDF?sequence=1&isAllowed=y

Guoqing CHEN. [Online]. http://int.polytech.univ-smb.fr/fileadmin/polytech_autres_sites/sites/listic/busefal/Papers/63.zip/63_14.pdf

Boy Fechera, Jaja Kustija, and Siscka Elvyanti, "OPTIMASI PENGGUNAAN MEMBERSHIP FUNCTION LOGIKA FUZZY PADA KASUS IDENTIFIKASI KUALITAS MINYAK TRANSFORMATOR," ELEKTRANS, vol. 11, no. 2, pp. 27-35, September 2012.

Martinus Maslim, "APLIKASI LOGIKA ," in SENTIKA, Yogyakarta, 2013, pp. 112-119.




DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v2i2.267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Agung Wibowo, Rival Afrian, Saeful Bahri, Taufik Hidayatulloh, Rusda Wajhillah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License