Prediksi Beban Listrik jangka Panjang di Kabupaten Batu Bara tahun 2015-2014 dengan Menggunakan Metode Fuzzy Clustering

Hermansyah Alam

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang penggunaan metode Fuzzy clustering untuk memprediksi daya listrik jangka panjang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya error kesalahan antara daya listrik aktual dengan daya listrik hasil dari prediksi. Data historis menggunakan data daya listrik dari PT.PLN
(Persero) area Pematang Siantar ranting Indrapura dan Tanjung Tiram dari tahun 2004 sampai 2014. Cara perhitungan dilakukan menggunakan metode fuzzy clustering untuk mengetahui tingkat akurasi prediksi dan nilai rata-rata error prediksi daya listrik yang terpasang untuk golongan rumah tangga. Melalui perhitungan dan simulasi didapatkan nilai error terbesar yaitu 0,2892 dan nilai error terkecilnya mencapai -0,2513 sehingga nilai rata-rata errornya mencapai 0,4% sedangkan untuk nilai RMSE mencapai 4,9%.

Full Text:

PDF

References


Harifuddin, 2007, Estimasi Kebutuhan Daya Listrik Sulawesi Selatan Sampai Tahun 2017, Tugas Akhir, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNM.

Harinaldi, 2005, Prinsip-Prinsip Statistik Untuk Teknik, Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Sumatera utara.

Hasrun Nariyanto, 2014, Peramalan Beban Puncak Jangka Pendek Berbasis Algoritma Fuzzy Clustering, Studi Kasus Jawa-Bali, Tugas Akhir, Fakultas Teknik, Institut Teknologi Nasional.

Iramadi, 2009, Peramalan Beban Listrik Dengan Menggunakan Metode Anfis, Tugas Akhir, Fakultas Teknik, Institut Teknologi Medan. Journal of Electrical Technology, Vol. 1, No. 1, Pebruari 2016

Kusumadewi Sri, 2002, Analisis dan Desain Sistem Fuzzy Menggunakan ToolBox Matlab, Graha Ilmu, Jakarta.

Peranginangin Anwar, 2012, Optimasi Influence Range Algoritma Fuzzy Clustering Untuk Peramalan Beban Dasar dan Beban Puncak Harian, Tugas Akhir, Universitas Pendidikan Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.