Analisis Tegangan Keluaran DC Step-Up Cuk Konverter Menggunakan Fuzzy Logic Kontroler

Selamat Meliala

Abstract


Dalam penelitian merancang suatu model Cuk konverter tegangan dc ke dc menggunakan fuzzy logic kontroler dengan tujuan untuk mengecilkan riak (ripple) dan transien yang dihasilkan oleh pengaruh switching yang dibangkitkan oleh trigger elektronika daya. Dimana dari hasil referensi tegangan output Cuk konverter yang dihasilkan oleh elektronika daya masih terdapat riak - riak dalam gelombang dc. Untuk menghasilkan tegangan penyearah dc murni yang dapat di atur dalam arti dapat dinaikan (Step-down) maupun diturunkan (Step-up), umumnya masih mengandung ripple yang merupakan parasitic dari output tegangan dc dari suatu konverter. Ripple dan transien sangat berbahaya bagi peralatan elektronik yang sensitif terhadap tegangan dc yang tidak murni dan tidak stabil. Penelitian Step-up Cuk konverter yaitu menguji hasil tegangan keluaran yang dibangkitkan dari Cuk konverter menggunakan fuzzy logic dengan 5 fungsi keanggotaan operator Mandani dengan 25 dasar aturan (Rule Base). Serta membandingkan hasil keluaran tegangan tersebut dengan  Step-up Cuk konverter dengan 3 fungsi keanggotaan fuzzy logic 9 aturan dasar. Hasil simulasi tegangan keluaran di zooming (diperibesarkan pengamatan) dari 5 fungsi keanggotaan menghasikan keluaran tegangan dc sangat rata dibandingkan dengan 3 fungsi keanggotaan dengan tegangan 28.1468 Volt pada 0,945 detik
dan riak terlihat kecil sedangkan 3 fungsi keanggotaan tegangan keluaran 28,1468 mengandung riak sangat besar.


Full Text:

PDF

References


Agrawal, R., Shukla, S.,Thakur, S.S., 2013. Comparative Analysis of Vague Controller and Fuzzy Controller For Single Machine Infinite Bus System. IEEE Conference Publications.1-5.

Arun, K.N., Sivakumaran, T.S. and Shanmugasundaran, C., 2006. Simulation and Real Time Implementation of Fuzzy Logic Controller for Cuk Converter Operating in buck mode. IEEE Conference Publications,1- 6.

Duka, AV., Oltean, S.E. 2012. Fuzzy Control of a Heat Exchanger, IEEE Conference Publications,. 135-139.

Ghassoul, M., 2011. Design of Fuzzy System To Control A Small Train Using The Microchip PIC32 With The Aid Of The Matlab Blocksets. IEEE Conference Publications. 3:242-246.

Gopinath, M. and Sheela, V., 2013. Efficiency Analysis Of Bridgeless Cuk Converter For PFC Applications. IEEE Conferences Publication.1052-1056.

Nik Ismail, N.F., Hashim, N., Baharon, R., 2011, A Comparative Study of Proportional Integral Derivative Controller and Fuzzy Logic Controller on DC/DC Buck-Boost Converter. IEEE Conference Publications. 149-154.

Panda, B., Sarkar., Panda, B., 2015. A Comparative Study of PI and Fuzzy

Controllers for Solar Powered DC-DC Boost Converter. IEEE Conference

Publications. 47-51.

Patil, D., Sinha, M. and Agarwal, V. 2012. A Cuk Converter based Bridgeless Topology For High Power Factor Fast Battery Charger For Electric Vehicle Application. IEEE Publication Conference,1- 6.

Rashid, M. H., 2004. Power Electronics, Circuit, Device and Application 3

rd Eadition, Pearson Education, Inc.

Simon, R, Geetha, A., 2013. Comparison on the Performance of Induction Motor Control Using Fuzzy and ANFIS Controllers. IEEE Conference Publication, 491-495.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License