Sistem Pembelajaran dan Pemahaman Algoritma Electronic Code Book (ECB) Menggunakan Metode Computer Assisted Instruction (CAI)

Helma Widya

Abstract


Algoritma Electronic Code Book (ECB) merupakan salah satu teknik dalam kriptografi modern. Algoritma Electronic Code Book (ECB) beroperasi pada mode block cipher yaitu membagi blok-blok bit plainteks. Pada algoritma Electronic Code Book  (ECB) setiap blok plainteks dienkripsi secara individual dan independen menjadi blok cipherteks.  Hal ini berkaitan dengan isi dari mata kuliah tersebut yang tidak hanya membahas tentang teori, namun dibutuhkan pengalaman untuk prakteknya. Maka akan lebih mudah jika dapat merancang dan membangun sebuah sistem dimana dapat mencakupi materi yang ada secara utuh, tertata rapi namun tetap dapat dirasakan menarik oleh mahasiswa yang mengikuti proses pembelajaran. MetodeComputer Assisted Instruction (CAI) adalah suatu pembelajaran menggunakan program pendidikan yang dirancang khusus untuk bertindak sebagai perangkat ajar yang dalam pembelajarannya terdapat tutorial, latihan, simulasi dan games. CAI merupakan suatu cara penggunaan komputer secara langsung dalam proses pembelajaran sebagaimana pengganti buku dan pengajar (guru). Dengan menggunakan CAI, diharapkan cara belajar pengguna dapat diubah menjadi cara belajar yang lebih aktif, interaktif dan menarik. Dengan menganalisa masalah yang ada dan merancangan sebuah sistem pembelajaran algoritma Electronic Code Book (ECB) menggunakan metode yang telah diterapkan, maka menghasilkan sebuah aplikasi pembelajaran yang akan membantu mahasiswa dalam memahami materi Electronic Code Book (ECB).


Full Text:

PDF

References


Adi Nugroho,, 2010, Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek. PenerbitAndi, Yogyakarta,.

H. Martinis Yamin, 2013, Strategi & Metode Dalam Pembelajaran, GP Press Group, Jakarta.

Muhammad Fadlan, 2014, Perancangan Aplikasi Pembelajaran Sejarah Nabi Muhammad Saw Berb asis Multimedia DenganMetode Computer Based Instruction (CBI), Vol. IV, No. 3.

Mardi Iwan Gunawan Saragih, 2014, Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bangun Ruang Pada Tingkat SD Berbasis Flash Dengan Metode Computer Assisted Instruction, Vol. VII, No. 02.

Rusman, Deni Kurniawan, Cepi Riyana, 2012, Pembelajatan Berbasis Teknologi dan Komputer, Penerbit Rajawali Pers, Jakarta.

Rusman, Deniurniawan, CepiRiyana, 2012, Pembelajatan Berbasis Teknologi dan Komputer, Penerbit Rajawali Pers, Jakarta.

Rinaldi Munir, 2006, Kriptografi, Penerbit Informatika Bandung, Bandung, Edisi 1.

Widi Hardiyanto, 2012, Pemanfaatan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Macromedia Flash 8 Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Sifat Mekanik Bahan Kelas X TKJ 2 SMK Batik Perbaik Tahun Pelajaran 2011/2012, Vol. 01, No. 1,

Yurika Permanasari, Erwin Harahap, 2006, Algoritma Data Encryption Standard (Des) Pada Electronic Code Book (ECB), Vol.6, No.1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License