Analisa Penggunaan Motor Sinkron Dengan Kapasitor

Yusmartato Yusmartato, Ramayulis Nasution, Armansyah Armansyah

Abstract


Pada dasarnya motor sinkron berfungsi sebagai penggerak beban mekanis dan juga motor sinkron dapat beroperasi pada faktor daya terdahulu maupun pada faktor daya terbelakang. Kapasitor bekerja pada faktor daya terdahulu, sedangkan motor induksi hanya bekerja pada faktor terbelakang. Motor induksi ini adalah merupakan beban induktif yang membutuhkan arus magnetising.Motor sinkron tidak dapat menstart dengan sendirinya. Oleh karena itu beberapa tahun yang lalu cara yang digunakan untuk menstart motor sinkron adalah dengan cara mengkopel dengan motor arus searah, sehingga dapat dicapai kecepatan putaran sinkronnya. Namun demikian berkat perkembangan zaman para ahli telah memikirkan cara yang lebih efisien untuk menstart motor sinkron yaitu dengan menggunakan belitan starting.Kapasitor bekerja pada faktor kerja terdahulu dan pemakaian kapasitor biasanya lebih ekonomis bila digunakan untuk beban-beban induktif yang kapasitasnya kecil.Tetapi bila kapasitor digunakan pada beban induktif yang berkapasitas besar, maka penggunaan kapasitor tersebut dikatakan tidak ekonomis lagi. Untuk beban induktif yang berkapasitas besar akan lebih ekonomis jika digunakan motor sinkron, sebab selain motor sinkron sebagai penggerak beban mekanis juga motor sinkron dapat mensupplay daya reaktif.


Full Text:

PDF

References


Bartkiw Sookhoo, Electrical Systems Technology.

Donal G. Find and H. Wayne Beaty, Standart Hand Book For Electrical Engineers.

Edward Hughes, Electrical Technology.

Irwin Lazar, Electrical System Analysis and Design For Industrial Plant.

Theodore Wildi, Electrical Machines Drives and Power Systems.

Westinghouse, 1950, Electrical Transmisi and Distribusi Referense Book.

W. C. Bloomquist, 1950, Kapasitor For Industrial, John Willy & Sons, New York, London.

W. G. Watson, 1977, Electrical and Electronic Engineering, Longman Group Limited.

Yusmartato, 2018, New Method for Locker Door With Face Security System Using Back Propagation Algorihm, International Journal of Engineering & Technology, 7 (2.13), 402-405.

Yusmartato, 2018, Analysis of Stability Improvements by Using Capacitors, International Journal of Engineering & Technology, 7 (2.13), 357-361.

Yusmartato, 2018, Initial Design of The 3 KW Electrical Motor Cycle, The International Conference on Multidisciplinary Research (ICMR), Medan September. Publish by: Science and Technology Publications Indexed bay Scopus.

Yusmartato, 2018, New Method for Turning and shutting Power Flow Light with Voice Based Command Arduino Uno Using Smartphon, International Journal of Engineering & Technology.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License