PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Ramadhani Fitri, Oktri Yani

Abstract


Abstract. The research is based on the students’ low communication ability in mathematical field at SMP Muhammadiyah Pasir Penyu. The round club learning model using is expected to overcome this problem and if becomes the purpose of the research. This is an experimental research which uses Randomized Subjects Posttest Only Control Group Design. Based the hypothesis test result is obtained that tcount= 2.255 > ttable = 2.0003 and it alpha 0.05. It can be concluded that the students’ communication ability in mathematical field by applying the round club learning model can be increased better than the conventional one.

 

Keywords: Round Club Learning Models, Mathematical Communication Skills of Students

 

Abstrak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP Muhammadiyah Pasir Penyu. Penggunaan model pembelajaran round club di duga dapat mengatasi komunikasi matematis siswa yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran round club. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Subjects Posttest Only Control Group Design. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh bahwa thitung = 2,255 > ttabel = 2,0003 dengan taraf nyata adalah 0,05. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis dengan penerapan model pembelajaran round club lebih baik dari pada kemampuan komunikasi matematis dengan penerapan model pembelajaran konvensional (biasa) pada kelas VIII di SMP Muhammadiyah Pasir Penyu.    

 

Kata Kunci: Model Pembelajarn Round Club, Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Full Text:

PDF

References


Ansari, B. I. (2012). Konsep dan Aplikasi Matematik. Banda Aceh: Yayasan Pena Banda Aceh Divisi Penerbitan.

Darmadi, H. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Istarani. (2011). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Kurniasih, I dan Berlin, S. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Suderajat, H. (2004). Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi Bandung: CV. Cipta Cekas Grafika

Suhaedi, D. (2012). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Realistik. Makalah.

Sumarmo, U. (2005). Alternatif Pembelajaran Matematika dalam Menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Makalah pada Seminar Tingkat Nasional. FPMIPA UPI.

Turmudi. (2008). Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif dan Investigatif). Jakarta: Leuser Cipta Pustaka.

Wardhani Sri. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTS untuk Optimalisasi Pencapaian Tujuan. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Matematika.




DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v2i2.131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.