PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Sri Yunita Ningsih, Suci Andriani

Abstract


Abstract. The purpose of this study was to determine differences in the ability of understanding mathematical concepts eighth grade junior high school 3 Lala River. This is the kind of research is a Quasi Experiment, design Nonequivalen control group design. Data analysis techniques in this test using normality test, homogeneity and hypothesis testing. Based on the calculation hypothesis test showed significant values t_test = 1.619 < t_table = 2.012. So it can be concluded that the ability of students' understanding of mathematical concepts with the application of Inside Outside Circle learning model is better than the ability of understanding mathematical concepts students by using conventional learning models in class VIII School SMP Negeri 3 Sungai Lala.

Keywords: Inside Outside Circle, Understanding of Mathematical Concept

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sungai Lala. Jenis penelitian ini adalah adalah Quasi Experiment, dengan desain Nonequivalen control grup desain. Teknik analisis data dalam pengujian ini menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesisBerdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis menunjukkan nilai signifikan  = 1,619 <  = 2,012. jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran Inside Outside Circlelebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sungai Lala.

Kata Kunci: Pemahaman Konsep dan Inside Outside Circle


Full Text:

##common.PDF##

References


Abdul, H.F. (2008). Matematika hakikat dan Logika. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Antari, G, A, R, D., dkk (2016). Penerapan Teknik Inside Outside Circle untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep IPA Kelas IV. e-Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4, No. 1. Halaman: 1-11.

Arikunto, S. (1985). Dasar-Dasar EvaluasiPendidikan. Jakarta: BumiAksara

Huda, M. (2013). Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

Ngalimin. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Pressindo

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Shoimin, A. (2013). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Wati, M. (2014). Penarapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Pariaman. E-Jurnal Bung Hatta. Vol. 3, No. 1. Halaman: 1-5.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.