PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA
Abstract
Keywords: Inside Outside Circle, Understanding of Mathematical Concept
Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sungai Lala. Jenis penelitian ini adalah adalah Quasi Experiment, dengan desain Nonequivalen control grup desain. Teknik analisis data dalam pengujian ini menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis menunjukkan nilai signifikan = 1,619 < = 2,012. jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran Inside Outside Circlelebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sungai Lala.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep dan Inside Outside Circle
Full Text:
PDFReferences
Abdul, H.F. (2008). Matematika hakikat dan Logika. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.
Antari, G, A, R, D., dkk (2016). Penerapan Teknik Inside Outside Circle untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep IPA Kelas IV. e-Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4, No. 1. Halaman: 1-11.
Arikunto, S. (1985). Dasar-Dasar EvaluasiPendidikan. Jakarta: BumiAksara
Huda, M. (2013). Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,
Ngalimin. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Pressindo
Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada
Shoimin, A. (2013). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Wati, M. (2014). Penarapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Pariaman. E-Jurnal Bung Hatta. Vol. 3, No. 1. Halaman: 1-5.
DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v2i2.136
Refbacks
- There are currently no refbacks.