Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII dalam Menulis Teks Deskripsi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Binjai
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alim, J., Suruambo, J., Rudiyasa, Y., Lariyos, Z., & Satrino, S. (2024). Analisis kesalahan berbahasa pada karangan deskripsi siswa kelas X MA. Journal of Education Research, 5(3), 2782–2790. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1264
Aulia, E. R., Chandrawati, P. E. R., Wardani, L., Trisnawati, S. H., & Nurhayati, E. (2023). Analisis kesalahan penulisan dalam bahasa Indonesia pada media luar ruang di wilayah Surabaya Timur. Jurnal Pendidikan West Science, 1(12), 743–752. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i12.820
Cristina, C., & Dafit, F. (2021). Analisis kesalahan penggunaan ejaan dalam menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SDN 163 Pekanbaru. Innovative: Journal of Social Science Research, 1(2), 336–341. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2926
Debora, D., Hutasoit, F. Y. N., Tarigan, R. A. B., Situmorang, R. B., Sitorus, R. Y., & Hadi, W. (2024). Analisis kesalahan berbahasa pada makalah mahasiswa prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNIMED. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, 2(3), 191–202. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i3.637
Fadhilah, E. P., Syariani, S., & Ulya, C. (2023). Analisis kesalahan ejaan dalam teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 14 Surakarta. MARDIBASA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.21274/jpbsi.2023.3.1.1-10
Herawati, I., & Kanzunnudin, M. (2022). Analisis kesalahan ejaan dalam penulisan karangan deskripsi siswa kelas IV SD 04 Besito Kudus. Jurnal Prasasti Ilmu, 2(3). https://doi.org/10.24176/jpi.v2i3.8643
Jumadi, J., Nurcaya, N., Samad, A. G., & Muhlis, M. (2023). Analisis kesalahan berbahasa pada karangan deskripsi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 1563–1577. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i3.5028
Kamalia, F., & Al-Fahad, M. F. (2022). Analisis kesalahan berbahasa pada teks deskripsi siswa kelas VII SMP Plus Al-Watasi Caringin Bogor. Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajaran, 2(2), 54–58. https://doi.org/10.55215/triangulasi.v2i2.6733
Mulyanto, A., Kusmayanti, Y., Tiara, E., Virbiansyah, H., Alawiah, I., & Malik, M. (2024). Kesalahan ejaan pada cerita pendek karangan siswa kelas IX SMP dan pemanfaatannya sebagai bahan ajar. Salingka, 21(2). https://doi.org/10.26499/salingka.v21i2.1089
Natalia, D. C., Slamet, S. Y., & Sukarno, S. (2024). Analisis kesalahan penggunaan ejaan bahasa Indonesia pada karangan narasi peserta didik kelas IV sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(3), 98. https://doi.org/10.20961/jpiuns.v10i3.87153
Pardani, T. U., Laksana, S. D., Sumaryanti, L., & Sulistyorini, T. (2024). Analisis kesalahan penulisan pada tugas menulis karangan siswa kelas IV SDIT Qurrota A’yun. Muallimun: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keguruan, 5(1), 23–34. https://doi.org/10.23971/muallimun.v5i1.9980
Pitaloka, T., Purnamasari, I., & Arifin, Z. (2019). Analisis kesalahan ejaan pada karangan teks deskriptif tema indahnya keragaman di negeriku kelas IV sekolah dasar. JANACITTA, 2(1). https://doi.org/10.35473/jnctt.v2i1.54
Purnamawati, E., Apriliya, S., Nursofa, R., Dinaryanti, D., & Nugraha, M. U. (2024). Analisis penggunaan ejaan, tanda baca dan huruf kapital peserta didik kelas V dalam menulis kreatif. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(3). https://doi.org/10.20961/jkc.v12i3.93062
Qutrinnida, M. S., Roysa, M., & Kuryanto, M. S. (2022). Analisis kesalahan ejaan pada karangan narasi siswa kelas IV SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 747–751. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.476
Rusanti, R., Fathurohman, I., & Pratiwi, I. A. (2022). Analisis kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca siswa sekolah dasar. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 6(2). https://doi.org/10.58258/jisip.v6i2.3055
Safitri, A. R. (2025). Analisis kesalahan ejaan dan faktor penyebab pada teks deskripsi siswa kelas IX SMP. Piwulang Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 13(1). https://doi.org/10.15294/retgtt11
Yunita, D. A., Sugono, D., & Suendarti, M. (2021). Kesalahan penggunaan tanda baca dan kosakata dalam penulisan karangan deskripsi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(02), 121. https://doi.org/10.30998/diskursus.v3i02.7494
DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v10i1.10853
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id