PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA BINA BERSAUDARA MEDAN

Rika Kartika

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran langsung dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X SMA. Untuk penelitian tersebut data diambil dari 36 siswa yang berasal dari 36 populasi. Pengambilan data dilakukan dengan instrumen penugasan yaitu menulis puisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pretest post-test design. Dengan desain tersebut, akan dibandingkan hasil belajar menulis puisi siswa yang memperoleh pengajaran menggunakan pembelajaran langsung dengan pembelajaran menggunakan example non examples. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kemampuan menulis puisi siswa dengan menggunakan pengajaran pembelajaran langsung. Setelah nilai t hitung diketahui, selanjutnya dikonsultasikan dengan nilai t tabel pada taraf 5% atau 1% dengan dk = 36. Pada tabel t dengan dk = 36 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,03 dan taraf signifikan 1% = 2,72. Karena t0 yang diperoleh lebih besar dari t tyaitu 2,03 < 3,01 < 2,72 maka hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh hasil belajar siswa terhadap  kemampuan  menulis  puisi  siswa  dengan  menggunakan  model  pembelajaran langsung.

Kata kunci: Pembelajaran Langsung, Menulis, Puisi

Abstract. This study aims to determine the effect of direct learning models in improving the ability to write poetry in class X high school students. For the study data was taken from 36 students from 36 populations. Data retrieval is done with the assignment instrument namely writing poetry. The method used in this study is an experimental method with the design of one group pretest post-test design. With this design, the results of learning to write poetry will be compared to students who get teaching using direct learning with learning using example non examples. The hypothesis in this study is that there is a significant effect on the learning outcomes of students' poetry writing ability using direct learning teaching. After the value of t count is known, then consulted with the value of t table at the level of 5% or 1% with dk = 36. In table t with dk = 36 obtained a significant level of 5% = 2.03 and a significant level of 1% = 2.72. Because t0 obtained is greater than t t which is 2.03 <3.01 <2.72, the hypothesis is accepted. This shows that there is an influence of student learning outcomes on students' poetry writing ability using direct learning models.

Keywords: Direct Learning, Writing, Poetry


Full Text:

PDF

References


Astuti, Wahyuni Wiji. 2011. Skripsi. Universitas Negeri Medan.

Arikunto, Suharmisi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjino, Anas.2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Widowati, 2007. Skirpsi. Universitas Negeri Semarang.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i2.1131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.