EFEKTIVITAS MODEL DEBAT TERHADAP KEMAMPUAN MEMBERIKAN OPINI SISWA KELAS X SMA TAMAN SISWA

Nila Safina

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model debat apakah lebih efektif dibandingkan dengan model team quis dalam pembelajaran memberikan opini. Populasi penelitian ini berjumlah 44 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Kelas XIPA1 dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA2 dijadikan sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian eksperimen Post-test only desain group (two group). Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen adalah 71,66 dengan standar deviasi 6,23 dan nilai rata-rata post-test di kelas kontrol adalah 57,75 dengan standar deviasi 5,52. Uji normalitas dilakukan dengan menggunakan rumus Lilifors. Data yang diperoleh menunjukkan populasi berdistribusi normal, yaitu memiliki kemampuan yang setara di mana Lhitung ≤ Ltabel (0,1092 ≤ 0,187) untuk nilai post-test kelas eksperimen dan Lhitung ≤ Ltabel (0,1409 ≤ 0,190) untuk nilai post-test di kelas kontrol. Uji homogenitas dilakukan dengan menggunakan rumus Varians. Berdasarkan rumus yang digunakan, diperoleh nilai Fhitung≤ Ftabel(1,27 ≤ 2,00). Hal ini kemampuan populasi bersifat homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus thitung. Berdasarkan uji hipotesis nilai thitung= 3,46 sedangkan nilaittabel = 2,018 sehingga thitung ≥ ttabel. Dengan demikian, Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa model debat lebih efektif dibandingkan dengan model teamquis terhadap kemampuan memberikan opini siswa kelas X SMA Taman Siswa Medan

 Kata kunci: Pengaruh, Model Debat, Opini

 

Abstract. This study aims to determine whether the debate model is more effective than the team quiz model in giving opinion. The population of this study amounted to 44 students consisting of 2 classes. The XIPA1 class is used as the experimental class and the IPA X class is used as the control class. The sampling technique used was purposive sampling. This research was conducted using the experimental research method Post-test only design group (two group). From the results of data analysis obtained the average post-test value in the experimental class is 71.66 with a standard deviation of 6.23 and the post-test average value in the control class is 57.75 with a standard deviation of 5.52. The normality test is done using the Lilifors formula. The data obtained shows that the population is normally distributed, that is having equal abilities where Lhitung ≤ Ltabel (0.1092 ≤ 0.187) for the post-test value of the experimental class and Lhitung ≤ Ltable (0.1409 ≤ 0.190) for the post-test value in class control. The homogeneity test is carried out using the Variance formula. Based on the formula used, the value of Fcount abel Ftable (1.27 ≤ 2.00) is obtained. This population ability is homogeneous. Hypothesis testing is done using the formula tcount. Based on the hypothesis test the value of tcount = 3.46 while the value of tabel = 2.018 so that tcount ≥ t table. Thus, Ha is accepted and it can be concluded that the debate model is more effective compared to the teamquis model of the ability to give opinions of class X students of SMA Taman Siswa Medan

Keywords: Influence, Debate Model, Opinion


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini. 2009. Manajemen Penelitian. Jakasrta: rimeka Cipta.

Arikunto, Suharsini. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Dan Praktek. Rineka Cipta.

Jogiyanto. 2006. Pembelajaran Metode Kasus. Yogyakarta: Andi Offset

Sudjana. 1992. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjono, Anas. 2007. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: P.T. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i2.1132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.