PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA SETIA BUDI ABADI

Dra. Deliani,M.Si

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaranstudent teams achievement division (STAD) menggunanakan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Setia Budi Abadi. Populasi penelitian ini siswa kelas X SMA Swasta Setia Budi Abadi Perbaungan sebanyak 70 orang. Sampel yang digunakan yaitu total sampling, ditetapkan kelas X MIA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA2 sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian Two group post test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data penugasan yaitu menulis puisi (essay). Dari pengolahan data diperoleh, hasil nilai rata-rata kemampuan menulis puisi dengan model pembelajaran STAD menggunakan media Audio Visual  78,2 dan nilai rata-rata kemampuan menulis puisi menggunakan model pembelajran CIRC adalah 73,1. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh Thitung =3,080 dan Ttabel =1,992.Kemudian di bandingkan antara Thitung >Ttabel maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Diperoleh Thitung >Ttabel = 3,080>1,992 sehingga dapat dinyatakan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan pengujian hipotesis terdapat pengaruh model pembelajaran STAD menggunakan media Audio Visual dalam kemampuan menulis puisi. Dengan demikian model pembelajaran STAD menggunakan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi.

Kata Kunci : Model Pembelajaran STAD, Media Audio Visual, Menulis

                       Puisi

 Abstract. This research aims to discribe the influence of Student Teams Achievement Division (STAD) learning model using audio visual media to the ability of students class X setia budi abadi senior high school in writing poem. The population is 70 students. Sampling technique used is total sampling, which stated that students of class X MIA1 as experiment class and MIA2 as control class. Experiment method with Two Group Post Test Design is applied. The instruments used to obtain the data isessay in writing poem. The result shows that average score of the ability in writingpoem using STAD learning medel with audio visual asthe medium is 78,2 and using CIRC lerning model 73,1. Based on hypothesis test, it is obtained that Tcount = 3,080 and Ttable = 1,992. From the value of Tcount > Ttable, it is obtained that Ha is accepted and Ho rejected. It can be concluded that there is influence of the use of STAD learning model using audio visual media to the ability in writing  poem. Reseach result shows that STAD learning mode using audio visual media can improve ability of students in writing poem.

Keywords: STAD Learning Model, Audio Visual Media, Writing poem

Full Text:

PDF

References


Sudjana. 2005. MetodeStatistika. Bandung: Tarsito.

Sudijono. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan.Jakarta: PT Grafindo Persada.

Ratnasari, FD. 2015. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Metode Think-Talk-Write Melalui Media Audio Visual Keindahan Alam Pada Siswa Kelas VIIC. (Online),http://lib.unnes.ac.id/21987/1/2101408078-s.pdf,diakses 13 November 2015)




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i2.1133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.