PENGARUH METODE DISKUSI KELOMPOK DINAMIKA PADA MATERI POKOK MENULIS TEKS EKSPLANASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 ANGKOLA BARAT

Dedi Zulkarnain Pulungan

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan metode diskusi kelompok Dinamika pada materi pokok menulis teks eksplanasi terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan metode diskusi dalam kelompok dinamika tergolong kategori tinggi dengan nilai rata-rata postes (82,25) dan Standar Deviasi 8,72 sedangkan kelas kontrol tergolong kategori sedang dengan nilai rata-rata (70,17) dan Standart deviasi 7,76. Berdasarkan hasil uji stastik t diperoleh thitung =  8,72 dengan  = 0.05 sehingga diperoleh ttabel = 1,99 ternyata thitung > ttabel (8,72 > 1,99) maka dinyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh metode yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode diskusi kelompok dinamika pada materi pokok menulis teks eksplanasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Angkola Barat.

Kata Kunci : Metode Diskusi, Kelompok Dinamika, Teks eksplanasi,

                      Hasil Belajar

Abstract. This study aims to determine student learning outcomes by using the group discussion method Dynamics on the subject matter of writing explanatory texts on learning outcomes. The results of the study show that the learning outcomes of students who use the discussion method in the dynamics group are classified as high categories with posttest average values (82.25) and Standard Deviations 8.72 while the control class is classified as a moderate category with an average value (70.17) and Standard deviation 7.76. Based on the stastic test results, t is obtained tcount = 8.72 with = 0.05 so that it is obtained t table = 1.99 turns out tcount> t table (8.72> 1.99) then stated Ha is accepted and Ho is rejected. Thus it can be stated that there is an Effect Method which is significant towards student learning outcomes taught by using the dynamic group discussion method in the subject matter of writing explanatory texts in class X of SMA Negeri 1 Angkola Barat.

Keywords: Discussion Method, Dynamics Group, Explanatory Text, 

                  Learning Outcomes

Full Text:

PDF

References


Arifin, A. (2005). Paradikma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta : Balai Pustaka.

Depdiknas. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Gulo, W. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kosasi, E. 2014. Jenis-Jeis Teks Fungsi, Struktur Dan Kaidh Kebahasan. Bandung : Yrama Widyaa.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Kelas VIII Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pradiyono. 2012 Pasti Bisa Teaching Genre Based Writing. Jakarta : Andi Publisher.

Restuti . 2013. Bahasa Indonesia . Jakarta : Erlangga.

Rusyan. 2003. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sudjana. 2002. Metode Statiska. Bandung : Tarsito.

Usman. M B. 2002. Metodologi Pembelajaran. Jakarta : Ciputat Pres.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i2.1139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.