NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL BAKAU KEBAIKAN KARYA SITI LESTARI NAINGGOLAN DAN RELEVANSINYA BAGI DUNIA PENDIDIKAN
Abstract
Abstrak. Tujuan penelitian ini (1) untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam novel Bakau Kebaikan karya Siti Lestari Nainggolan. (2) Untuk mendeskripsikan relevansi nilai pendidikan karakter dalam novel Bakau Kebaikan karya Siti Lestari Nainggolan bagi pendidikan. Objek penelitian ini berupa novel anak. Pengumpulan data menggunakan teknik baca berulang-ulang dan pencatatan. Teknik analisis data bersifat deskriptif. Temuan penelitian (1) nilai-nilai karakter yang ditemukan yaitu kreatif, cinta lingkungan, rasa ingin tahu, bersahabat, disiplin, dan gemar membaca. (2) novel anak ini relevan untuk menambah wawasan siswa SD kelas atas yaitu kelas IV, V, dan VI.
Kata kunci: Pendidikan Karakter, Nilai, Novel
Abstract. The purpose of this study (1) is to describe the value of character education contained in the novel Bakau Kebaikan by Siti Lestari Nainggolan. (2) To describe the relevance of character education values in the novel Bakau Kebaikan by Siti Lestari Nainggolan for education. The object of this research is a children's novel. Data collection uses repetitive reading and recording techniques. The data analysis technique is descriptive. Research findings (1) character values found are creative, love the environment, curiosity, friendliness, discipline, and love to read. (2) this children's novel is relevant to add insight into upper class elementary school students, namely classes IV, V, and VI.
Keywords: Character Education, Value, Novel
Full Text:
PDFReferences
Wayan Lasmawan. Pengembangan Materi dan Model Pendidikan Karakter Berbasis Budaya dalam Konteks Instruksional (Aplikasidalam Pembelajaran Siswa Jenjang SMP), TK: Undiksha, Prodi Pend. IPS,TT, hlm 4.
Tim Redaksi Wikrama Waskitha. 2003. Peraturan Perundang-undangan Republik Indonesia. Jakarta: Wikrama Waskitha, hlmn 148
KBBI Daring. Tersedia: https://kbbi.web.id/nilai. Diakses tanggal 03 November 2018.
Bertens, K. 2004. Etika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Zein Elmubarok. 2007. Membumikan Pendidikan Mengumpulkan yang Terserak Menyambung yang Terputus dan Menyatukan yang Tercerai. Bandung: Alfabetha, hlmn 102
Thomas Lickona. 2013. Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Nusa Media, hlmn 72.
Nilai-nilai Pendidikan Karakter. Tersedia: https://rumahinspirasi.com/18-nilai-dalam-pendidikan-karakter-bangsa/. Diakses tanggal 3 November 2018.
Doni Koesoema A. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo, hlmn 53
Sri Narwanti. 2011. Pendidikan Karakter Pengintegrasian 18 Bentuk Nilai Pembentuk Karakter dalam Mata Pelajaran. Yogyakarta: Familia, hlmn 14
Muchlas Samani dan Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosydakarya, hlmn 44.
Endah Tri Priyatni. 2010. Membaca Sastra dengan Ancangan Literasi Kritis. Jakarta: Bumi Aksara, hlmn 124.
Agus Wibowo. Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. hlmn 19-20
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i2.1145
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id