PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI DONGENG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SD NEGERI 104232 TANJUNG MORAWA

Putri Juwita, Lisa Septia Dewi br. Ginting

Abstract


Abstrak. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana teknik pengumpulan data  yaitu: (1) Observasi, (2) tes .Berdasaran hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan didalam dua siklus dengan penggunaan dongeng dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas I SD Negeri 104232 Tanjung Morawa disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berbicara pada siswa kelas 1 SD Negeri 104232 Tanjung Morawa. setelah dilaksanakannya pembelajaran dengan penggunaan dongeng. Hal tersebut terlihat dari aktivitas siswa dalam proses pembelajaran yang semakin meningkat dalam setiap siklusnya, yaitu nilai rata-rata hasil pengamatan guru pada siklus I 2,75 dan meningkat menjadi 3,55 pada siklus II. Dan dilihat dari hasil tes berbicara pada siklus I diketahui 18 dari 30 siswa telah mencapai nilai KKN (60), dan meningkat pada siklus II dimana 29 dari 30 siswa telah berhasil mencapai nilai KKM (60).Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus tersebut diatas, ternyata hipotesis yang telah dirumuskan terbukti kebenarannya artinya ternyata langkah pembelajaran melalui dongeng dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas I SD Negeri 104232 Tanjung Morawa.

Kata Kunci: Kemampuan,berbicara, dogeng

Abstract. This research is Classroom Action Research (CAR) where data collection techniques are: (1) Observation, (2) Tests. The results of classroom action research have been carried out in two cycles with the use of fairy tales in Indonesian language learning in class I 104232 Public Elementary School Tanjung Morawa concluded that there was an increase in speaking skills in class 1 students of Tanjung Morawa 104232 Public Elementary School. after the implementation of learning with the use of fairy tales. This can be seen from the activity of students in the learning process that increases in each cycle, namely the average value of teacher observation in the first cycle 2.75 and increased to 3.55 in the second cycle. And seen from the results of the speaking test in the first cycle it is known that 18 out of 30 students have achieved the KKN (60), and increased in the second cycle where 29 of 30 students have succeeded in achieving the KKM score (60). Based on the results of classroom action research using 2 cycles above, it turns out that the hypothesis that has been formulated is proven to be true, meaning that it turns out that the step of learning through fairy tales can improve speaking skills in class I students of Tanjung Morawa State Elementary School 104232.

Keywords: Ability, speaking, dogeng


Full Text:

PDF

References


Medan. Abdul Aziz Abdul Ma id. 2002. Mendidik dengan Cerita. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ahmad Rofi' Uddin dan Darmiyati Zuchi. 2001. Pendidikan Bahasa dan Sastra di Kelas Tinggi. Malang: UNM.

Akhadiah. Dkk. 1992. Petunjuk Pengajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen P dan K.

Bahri Djamarah dan Asmawan Zain. 1996. Pengelolaan Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Brown G&G Yule. 1983. Developing Language Skills in the Elementary Schools. Boston: Allyn and Bacon, Inc.

Danandjaja. 1986. Cerita rakyat. Yogyakarta: IKIP.

Darmiyati Zuchi dan Budiasih. 2001. Pendidikan Bahasa Indonesia di Kelas Rendah. Yogyakarta: PAS.

Departemen P dan K. 1993. Pembelajaran Sekolah Dasar. Jakarta: Pusat Kurikulum Pendidikan Dasar.

Depdikbud. 1994. Metode Pembelajaran. Jakarta: Pusat Kurikulum Pendidikan Dasar.Didik Tuminto. 2007. Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Rajawali Pres.

Djago Tarigan. 1998. Berbicara. Bandung: Angkasa.

Djamarah. 1997. Pendidikan Bahasa dan Sastra di Kelas Tinggi. Malang: UNM.

Gino, Suwarni, Suripto, Maryanto, Sutijan. 1998. Belajar dan Pembelajaran. Surakarta: UNS Pres.

Herry Guntur Tarigan. 1979. Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.

Isnaini Yulianita Hafi. 2000. Reproduktif Siswa dalam Keterampilan Berbahasa. Yogyakarta: WJP.

James Danandjaja. 1986. Dongeng. Bandung: Angkasa.

Knower, Franklin H. 1958. Speech dalam Encyclopedia of Educational Research. New York: Macmillan Company 1960.

Lustantini Septiningsih. 1998. Komponen-komponen Dongeng. Yogyakarta: IMP. Maidar G, Arsyad dan Mukti US. 1991. Pembelajaran Berbicara. Jakarta: Rineka Cipta.

Mangkunegara. 2000. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Moedjiono, Moh. Dimyati. (1991). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Muhammad Ali. 1993. Strategi Penelitian Pendidikan, Bandung: Angkasa. Mulgrave, Dorothy. 1954. Speech. New York: Barnes & Noble, Inc.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i2.1147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.