PENGARUH ANTARA MINAT DAN MOTIVASI DENGAN PRESTASI BELAJAR

Asnawati Matondang

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh  minat dan motivasi dengan prestasi belajar. Minat sangat besar pengaruhnya terhadap belajar karena bila siswa yang berminat terhadap sesuatu pelajaran akan mempelajarinya dengan sungguh-sungguh karena ada daya tarik baginya. Minat belajar anak adalah suatu perhatian kesukaan (kecenderungan) untuk memperoleh prestasi belajar. Motivasi belajar adalah suatu faktor pendorong untuk berbuat sesuai dengan pengetahuan sehingga mendapatkan hasil prestasi belajar yang memuaskan. Oleh karena itu, tanda adanya motivasi belajar yang tinggi umumnya tinggi pula prestasi belajar matematikanya. Siswa yang mempunyai minat terhadap suatu pelajaran dan mempelajarinya dengan sungguh-sungguh karena ada daya tarik baginya. Sedangkan siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi umumnya tinggi pula prestasi belajar. Sebaliknya, siswa yang rendah motivasi belajar maka akan rendah pula prestasi belajar. Bila tingkat motivasi belajar siswa tinggi maka aka nada usaha yang optimal dari siswa tersebut untuk bagaimana mendapat atau menyerap materi pelajaran yang optimal.

Kata Kunci : Pengaruh, Minat, Motivasi, Prestasi Belajar

Abstract. This study aims to explain the influence of interest and motivation with learning achievement. Interest is very influential on learning because if students who are interested in a lesson will learn it seriously because there is an attraction for him. Children's learning interest is a favorite concern (tendency) to obtain learning achievement. Learning motivation is a motivating factor to act in accordance with knowledge so as to obtain satisfactory learning outcomes. Therefore, a sign of high learning motivation is generally high in mathematics learning achievement. Students who have an interest in a lesson and learn it seriously because there is an attraction for him. While students who have high learning motivation are generally high in learning achievement. Conversely, students who are low in learning motivation will also have low learning achievement. If the level of student motivation is high then there will be an optimal effort from the student to get or absorb optimal learning material.

Keyword: Effectivity, Interest, Motivation, Learning Achievement


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta.

Abdurrahman. 2005. Pendidikan Bagi Anak Kesulitan Belajar. Rineka Cipta: Jakarta.

Dimyanti dan Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.

Higlar. 2007. Usaha Guru dalam Mengembangkan Minat dan Bakat Anak. Diakses 10 Maret 2008.

Imron, Ali. 1996. Belajar dan Pembelajaran. Pustaka Jaya: Jakarta.

Ruseffendi, E.T. Pendidikan Matematika 3. Depdikbud P2MG SD Setara D-II dan Pendidikan Kebudayaan: Jakarta.

Sekawan, Yasin. 2006. Pengertian Prestasi Belajar. Diakses 05 April 2008.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta: Jakarta.

Sutikno, Sobry M. 2007. Peranan Guru dalam Membangkitkan Motivasi Belajar Siswa. http://www. bruderic.or.id/h-129.

Syah, Muhibbin. 1996. Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Winkel. W.S. 2004. Psikologi Pengajaran. Media Abadi: Yogyakarta.

. Pengertian Prestasi Belajar. http://72.14.235.104/search?q=cache;Tifo1AsUJ : Sekolah.Dekopin.coop. Diakses 10 Maret 2008.

. Pengertian Prestasi Belajar. http://www.geocities.com/guruvalah. Diakses 10 Maret 2008.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v2i2.1215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.