Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Al Washliyah 1 Medan Tahun Ajaran 2025–2026
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alfiyatin, Y. (2024). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pokok bahasan bilangan bulat kelas VI MI Al-Falah. JEMI, 1(2), 129–145. https://doi.org/10.61815/jemi.v1i2.285
Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pijar MIPA, 13(2), 94–99. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i2.468
Asni, A., Wildan, W., & Hadisaputra, S. (2020). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kimia siswa materi pokok hidrokarbon. Chemistry Education Practice, 3(1), 17. https://doi.org/10.29303/cep.v3i1.1450
Harjilah, N., Medriati, R., & Hamdani, D. (2019). Pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran fisika. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2), 79–84. https://doi.org/10.33369/jkf.2.2.79-84
Hasanah, N., & Hadi, W. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Swasta Budisatrya Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Asas: Jurnal Sastra, 5(2). https://doi.org/10.24114/ajs.v5i2.3906
Julianto, I. R., & Umami, A. S. (2023). Pola asuh keluarga dalam menumbuhkan minat baca anak sebagai implementasi literasi keluarga. Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 6(2), 167–174. https://doi.org/10.56013/jcbkp.v6i2.1969
Mulyanti, N. M. B., Gading, I. K., & Diki. (2023). Dampak penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA dan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 109–119. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59276
Nanda, S., Zannah, F., & Riadin, A. (2022). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPA. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 13(2), 231. https://doi.org/10.20527/quantum.v13i2.13697
Nurjanah, S., Wirayuda, M. A., & Pangestu, D. (2025). Pengaruh LKPD berbasis inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 232–245. https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.24660
Ramdani, A., Artayasa, I. P., Yustiqvar, M., & Nisrina, N. (2021). Enhancing prospective teachers’ creative thinking skills: A study of the transition from structured to open inquiry classes. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(3), 637–649. https://doi.org/10.21831/cp.v40i3.41758
Rismadhani, R. (2025). Pengaruh metode inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA pada peserta didik kelas V SD Negeri 060837 Medan. Jurnal Motivasi Pendidikan dan Bahasa, 3(3), 260–275. https://doi.org/10.59581/jmpb-widyakarya.v3i3.5556
Saleh, M. (2016). Peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks melalui model STAD pada siswa SMA. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1), 95. https://doi.org/10.28926/briliant.v1i1.14
Situmorang, N. M. Y. (2018). Meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas X APHC SMK Negeri 1 Singaraja melalui teknik guiding questions. Journal of Education Action Research, 2(2), 165–171. https://doi.org/10.23887/jear.v2i2.12190
Sofati, S., & Ningsih, T. (2025). Model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran IPS di sekolah dasar. YASIN, 5(3), 1961–1972. https://doi.org/10.58578/yasin.v5i3.5540
Sumaryati, A. S., & Hasanah, D. U. (2019). Upaya meningkatkan pemahaman konsep matematika dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing siswa kelas VIII C SMP Negeri 11 Yogyakarta. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 56–64. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v2i2.133
Tarigan, J. (2018). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media video untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Singaraja. Journal of Education Action Research, 2(2), 123. https://doi.org/10.23887/jear.v2i2.12302
Widiya, A. W., & Radia, E. H. (2023). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPS. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(2), 127–136. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i2.477
Yulisma, Y. (2022). Penerapan model pembelajaran inkuiri mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis teks eksplanasi pada peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 3(2), 128–140. https://doi.org/10.52060/pti.v3i2.1012
DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v10i1.12234
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id



