ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KENDALA DALAM PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH DAN DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI MENULIS PADA SISWA SMP DI KOTA MEDAN

Oktaviandi Bertua Pardede, Budi Setia Munthe, Henny Novianti br. Manullang, Ayu Silvia Manullang, Sahria Sibuea

Abstract


Abstrak.Pembelajaran bahasa Indonesia terdiri dari empat aspek keterampilan berbahasa yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis.Dari berbagai jenis keterampilan menulis salah satu yang harus dipahami dan dipelajari oleh siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) adalah menulis Karya Tulis Ilmiah (KTI).Akan tetapi, kenyataannya masih banyak siswa yang memiliki kendala dalam penulisan karya ilmiah.Kenyataan tersebut diperoleh dari observasi dan wawancara dengan beberapa guru SMP di kota Medan. Dirasiokan dari 100 siswa, hanya 35% saja yang mampu menulis karya tulis ilmiah dengan baik dan benar.Kendala lainnya dalam penulisan karya ilmiah adalah rendahnya motivasi menulis siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor kendala penulisan Karya Tulis Ilmiah, dampaknya, dan hasil, serta kaitannya terhadap motivasi menulis pada siswa SMP di Kota Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode survey kemudian hasil survey tersebut akan digunakan dalam analisis SWOT. Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (Strengths) dan peluang (Opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (Weaknesses) dan ancaman (Threats). Deskriptif bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran, atau lukisan secara sistematis, faktual, akurat mengenai sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki.Penelitian ini mendeskripsikan, memaparkan kemampuan dan kendala yang dialami siswa dengan jumlah sampel 100-120 siswa.Hasil yang diperoleh yaitu Kemampuan KTI oleh siswa menunjukkan kuantitas pada kategori 2 yaitu rendah.Beberapa siswa yang kurang tertarik pada saat diminta  menjawab soal pilihan berganda dan mengisi angket. Siswa dan non siswa cenderung setuju dengan butir-butir angket, dari situ dapat dinyatakan bahwa perilaku siswa dalam aktivitas KTI sangat dipengaruhi oleh motivasi siswa dalam belajar.

Kata Kunci: Faktor Kendala penulisan KTI, Dampaknya, motivasi

                     Menulis, Analisis SWOT

Abstract.Indonesian language learning consists of four aspects of language skills. They are listening, speaking, reading and writing skills. Of the various types of writing skills, one that must be understood and learnt by Junior High School students is to Write Scientific Writing (WS). However, in reality there are still many students who struggle in writing scientific papers. This fact was obtained from observations and interviews with several junior high school teachers in Medan. Directed from 100 students, there are only 35% of them who are able to write scientific papers properly and correctly. Another obstacle in writing scientific papers is the low motivation of writing of students. This study aims to determine the factors that constrain the writing of Scientific Writings, their impact, results and their relation to the motivation of writing for Junior High School students in Medan. This type of research is descriptive research with a survey method then the survey results will be used in the SWOT analysis. This analysis is based on logic that can maximize strength, and opportunities, but can simultaneously minimize weakness and treats. Descriptive aims to make descriptions, illustrations, or paintings systematically, factually, accurately about the characteristics and relationships between the phenomena investigated. This study describes and explains the abilities and constraints experienced by students with a sample size of 100-120 students. The results obtained are WS Ability by students showing the quantity in category 2 which is in low area. Some students are less interested when asked to answer multiple choice questions and fill out questionnaires. Students and non-students tend to agree with the questionnaires items, from which it can be stated that student’s behaviour in Eastern Indonesia activities is strongly influenced by student’s motivation in learning.

Keywords: WS writing constraints, Impacts, Writing motivation, SWOT Analysis.

Full Text:

PDF

References


Indonesia, U. P., & UNPRI, M. (2019, March). prosiding seminar nasional fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. in seminar nasional unpri (vol. 1, no. 1).

Pardede, O. B. (2013). Pengaruh model pembelajaran dan berpikir kreatif siswa terhadap hasil belajar fisika siswa SMP Negeri 30 Medan (Doctoral dissertation, UNIMED).

Sianturi, G. G. N., Akbar, S., & Pardede, O. B. (2019). meningkat kemampuan menulis teks berita dengan model pembelajaran kooperatif tipe stad (student team achievement divisions) oleh siswa kelas viii-a smp dharma pancasila medan . tapanuli journals, 1(2), 357-361.

Sitompul, E. S., Syahfitri, D., & Pardede, O. B. (2019).peningkatan kemampuan mengidentifikasi struktur teks eksemplumdengan menggunakan model pembelajaran think pair and share pada siswa kelas viii-3 smp negeri 1 tigapanah . tapanuli journals, 1(2), 351-356.

Bambang Dwiloka dan Rati Diana. 2015. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Edisi Ketiga. Jakarta : Balai Pustakan.

Iskandar,Deni. 2019. http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR.PEND.BHS.SASTRA_INDONESIA/Materi_KArya_Tulis_Ilmiah.pdf. Diakses pada tanggal 26 april 2019.

Kemendikbud, 2019. Sekolah SMP Di Medan Petisah. Referensi.data.kemendikbud.go.id/index11_smp.php?kode=070610&level=3.

LIPI, 2019. http://pusbindiklat.lipi.go.id/wp-content/Perka-LIPI-No-4E2012-ttg-KTI.pdf. Diakses tanggal 18 April 2019.

Rangkuti, Freddy. 2016. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Researchgate. 2019. https://www.reseacrhgate.net/publication/3239118_analisis_kesulitan_menulis_karya_ilmiah_siswa_kelas_ix_SMPN_3_singosari.pdf. Diakses pada tanggal 21 April 2019.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung :ALFABETA.

Staff UNY, 2019. https://staff.uny.ac.id/PERMASALAHANDALAMKARYAILMIAH.pdf. Diaksestanggal 21 april 2019.

Staff UNY, 2019. https://staff.uny.ac.id/mengenalkaryatulisilmiah.pdf. Diaksestanggal 21 april 2019.

UIN, Etheses. 2019. https://etheses.UIN-Malang.ad.id/pembinaan_kegiatan_ekstralurikuler_karya_tulis_ilmiah_bidang_IPS_di_Mts_Negeri_batu.pdf. Diakses tanggal 26 April 2019.

UNJ, Journal. 2019. https://journal.unj.ac.id/penulisan_karya_tulis_ilmiah_dengan_media_aplikasi_pengolah_kata.pdf. Diakses tanggal 26 April 2019.

Zainurrahman. 2018. Menulis Dari Teori Hingga Praktik. Bandung : Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v2i1.1719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.