ANALISIS KESALAHAN PENULISAN PADA KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS X TBSM 2 SMK AL-FURQON BANTARKAWUNG

Annisa Fitriani, Mrs Astri, Cintya Nurika Irma

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penulisan kata pada karangan eksposisi siswa kelas X TBSM 2 SMK Al-Furqon Bantarkawung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis data yang diperoleh adalah data tertulis bersumber dari karangan teks eksposisi siswa kelas X TBSM 2 SMK Al-Furqon Bantarkawung. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode simak dengan teknik observasi dan teknik catat. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan beberapa kesalahan penulisan karangan teks eksposisi siswa kelas X TBSM 2 SMK Al-Furqon Bantarkawung. Hasil penelitian ini berupa 5 teks karangan eksposisi. Selanjutnya, kesalahan penulisan kata ulang, kesalahan penulisan kata depan, kesalahan penulisan singkatan. Kesalahan tersebut dilakukan siswa karena kurangnya pengetahuan mengenai tata bahasa yang baik dan benar. Sehingga dalam penulisannya masih menggunakan penulisan singkatan.

Kata Kunci: teks eksposisi, kesalahan penulisan.

Abstract. This study aims to describe the error of word writing in the exposition of class X TBSM 2 students of SMK Al-Furqon Bantarkawung. This research is a qualitative research. The type of data obtained is written data sourced from exposition text class X TBSM 2 SMK Al-Furqon Bantarkawung. Data collection is done by using the method of observation with observation and note taking techniques. Data analysis techniques consist of data collection, data reduction, data presentation, and conclusions drawing. Based on the results of the study found several errors in the writing of exposition text class X TBSM 2 of SMK Al-Furqon Bantarkawung. The results of this study in the form of 5 exposition essay texts. Furthermore, mistakes for rewriting, errors writing for prepositions, writing errors abbreviations. The mistake was made by students because of lack of knowledge about correct grammar. Therefore in writing it still uses the abbreviation writing.

Keywords: exposition text, writing error


Full Text:

PDF

References


Darsono, M. 2009. Belajar dan Pembelajran. Semarang: CV. IKIP Semarang Press.

Depdiknas. (2013). Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Finoza, L. (2009). Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta : Diksi Insan Mulia.

Kridalaksana, Harimurti. (2001). Edisi Ketiga Kamus Linguistik. Jakarta: Sinar Baru.

Listiyorini, A. (2005). Berbagai Kesalahan Mekanik dalam Karya Ilmiah Mahasiswa. Dalam Pangesti Wiedarti (Ed). Menuju Budaya Menulis: Suatu Bunga Rampai. (hlm.35-41). Yogyakarta: Tiara Wacana.

Markhamah, & Sabardila, A. (2010). Analisis Kesalahan dan Karakteristik Bentuk Pasif. Surakarta : Jagat ABJAD.

Maslakhah, S. (2005). Menulis tidak Semudah Membaca: Seputar Keluhan Mahasiswa terhadap Penulisan Karya Ilmiah. Dalam Pangesti Wiedarti (Ed). Menuju Budaya Menulis : Suatu Bunga Rampai. (hlm.20-28). Yogyakarta: Tiara Wacana.

Setyawati, Nanik. (2010) Analisis Kesalahan Bahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.

Suparno, dkk. (2007). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v4i2.2415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.