EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE CLUSTERING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI SISWA DITINJAU DARI PENGUASAAN KOSAKATA (Eksperimen pada sisw kelas X SMK Swasta di Kota Depok)

Adi Permana, Bambang Sumadyo

Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah efektifitas penggunaan metode clustering terhadap kemampuan menulis narasi ditinjau dari penguasaan kosakata. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol sebagai pembanding. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X SMK Al Ihsan Sawangan Depok sebanyak 60 siswa yang dibagi menjadi 4 kelas penelitian. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: 1) Terdapat efektifitas metode pembelajaran terhadap kemampuan menulis narasi. Hal ini ditandai dengan nilai sig untuk metode pembelajaran 0.004 < 0.05; 2) Terdapat efektifitas penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis narasi. Hal ini ditandai dengan nilai sig untuk penguasaan kosakata 0.008 < 0.05; 3) Terdapat efektifitas metode pembelajaran dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis narasi. Hal ini diandai dengan nilai sig untuk metode pembelajaran dan penguasaan kosakata 0.015 < 0.05 dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh interaktif metode pembelajaran dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis narasi.

Kata Kunci : metode clustering, penguasaan kosakata, menulis narasi, pengaruh.

Abstract. The purpose of this study is to find out how effective the use of clustering methods is to the ability to write narratives in terms of vocabulary mastery. This research is an experimental quantitative study using one experimental class and one control class as a comparison. The research subjects were 60 class X Al Ihsan Sawangan Depok students, divided into 4 research classes. Based on the results of the study concluded: 1) There is an effectiveness of learning methods on the ability to write narration. This is indicated by the sig value for the learning method 0.004 <0.05; 2) There is an effective mastery of vocabulary on the ability to write narration. This is indicated by the sig value for vocabulary mastery 0.008 <0.05; 3) There is an effectiveness of learning methods and vocabulary mastery of narrative writing skills. This is marked by the sig value for the learning method and vocabulary mastery 0.015 <0.05. Therefore, it can be concluded that there is an interactive effect of the learning method and vocabulary mastery on narrative writing ability.

Keywords: clustering method, vocabulary mastery, narrative writing, influence.

Full Text:

PDF

References


Robbins. (2000). Human Resources Management Concept and. Practices. Jakarta, PT. Preenhalindo

Depoter, B & Mike, (2011). Quantum Learning. Jakarta : KAIFA. Depdiknas

Djamarah & Zain. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Finoza, L.(2008). Komposisi Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Diksi.

Keraf, Gorys. (2010). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Tarigan,H. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Munirah dan Hardian. Pengaruh kemampuan kosakata dan struktur kalimat terhadap kemampuan menulis paragraf deskripsi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 16, Nomor 1, April 2016, hlm. 78-87

Saputra, Romi dkk. Keefektifan kalimat dalam karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Anai. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 4 No. 2 September 2016; Seri A 394-399

Ulfasari, Anisa dkk. Keefektifan kalimat dalam karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 6 No. 2 September 2017; Seri A 93-101


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bahastra (Bahasa dan Sastra Indonesia)

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara

Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.