MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGARANG BEBAS MELALUI METODE FIELD TRIP

Mr. Warsiman

Abstract


Abstrak. Keterampilan mengarang bebas bagi seorang siswa merupakan bentuk prestasi akademik yang membanggakan, sebab tidak semua orang memiliki kemampuan tersebut. Meskipun seseorang memiliki keterampilan bahasa lisan yang baik, tetapi belum tentu mereka memiliki keterampilan bahasa tulis yang baik pula. Oleh karena itu, ketrampilan mengarang bebas seharusnya sudah ditanamkan sejak dini kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam mengarang bebas melalui metode Field Trip. Penelitian ini dilakukan dalam kurun waktu sebulan. Metode yang digunakan adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Data penelitian ini dianalisis secara kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: Penerapan metode Field Trip dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengarang bebas. Hal ini dilihat dari peningkatan persentase pembelajaran dalam setiap siklus; (1) Pada siklus I aspek respon siswa terhadap metode pembelajaran kriteria baik, minat siswa mengikuti pembelajaran kriteria cukup, keterlibatan siswa dalam pembelajaran kriteria cukup, kemampuan siswa membuat kerangka dan mengembangkannya kriteria cukup; (2) Pada siklus II aspek respon siswa terhadap metode pembelajaran kriteria baik, minat siswa mengikuti pembelajaran kriteria baik, siswa ketika observasi kriteria baik sekali, kemampuan siswa membuat kerangka dan mengembangkannya kriteria cukup; dan (3) Hasil belajar siswa meningkat. Pada pretes ketuntasan belajar dari 35,8%, pada siklus I meningkat menjadi 52,5%, pada siklus II meningkat menjadi 77,3%. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa melalui metode Filed Trip kemampuan siswa dalam mengarang bebas meningkat.

 Kata Kunci: Metode Filed Trip, Mengarang Bebas, PTK.

 

Abstract. Free authored skills for a student are a proud form of academic achievement, because not everyone has that ability. Although someone has good oral language skills, but not necessarily they have good writing language skills anyway. Therefore, free-authored skills should have been implanted early to students. This research aims to improve students ' skills in making free writing through Field Trip methods. This research is conducted within a month. The method used was PTK (Research action Class). This research Data is analyzed quantitatively. The results derived from this study are: Application of Field Trip method can improve students ' ability in free-fabricated. It is seen from an increased percentage of learning in each cycle; (1) on the I cycle of the students ' responses to the method of learning criteria well, the students ' interest in following learning criteria is sufficient, student involvement in the learning criteria is sufficient, the ability of students to create frameworks and develop sufficient criteria; (2) in the II cycle of the students ' responses to the method of learning criteria well, the students ' interests follow the learning of good criteria, students when observing criteria well, the ability of the students to create frameworks and develop sufficient criteria; and (3) The student learning results are increased. In Pretes the learning learned from 35.8%, in the I cycle increased to 52.5%, in cycle II increased to 77.3%. From these results, it can be concluded that through the method of Filed Trip the ability of students in making freely increased.

Keywords: Method Filed Trip, Free Fabricated, CAR.

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal.2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Yrama Widya.

Arikunto, S. 1996. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsini dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arifin, Zaenal. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan: Filosofi, Teori, dan Aplikasinya. Surabaya: Lentera Cendekia.

Depdikbud. (1994). Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta: Dirjen. Dikdas. Depdikbud.

Depdikbud. (1994). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PPPGSM. Dirjen. Dikti. Depdikbud

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra.Yogyakarta: BPFE

Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2019, Tentang Penggunaan Bahasa Indonesia.

Roestiyah. dkk. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabet

Subyakto, Sri Utami dan Nababan. 1993. Metodologi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bahastra (Bahasa dan Sastra Indonesia)

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara

Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.