PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CRITICAL INCIDENT BERBANTUAN GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS MAHASISWA PADA MATAKULIAH ENGLISH FOR JURNALISM PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS UMSU

Dwi Juni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Strategi Pembelajaran Critical Incident Berbantuan Gambar Seri Terhadap Kemampuan Menulis Mahasiswa Pada Mata Kuliah English for Journalism Program Studi Bahasa Inggris FKIP UMSU T.A 2017/2018. (2) Untuk mengetahui berapa persen ada Pengaruh Strategi Pembelajaran Critical Incident Berbantuan Gambar Seri Terhadap Kemampuan Menulis Mahasiswa Pada Mata Kuliah English for Journalism Program Studi Bahasa Inggris FKIP UMSU. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. .Teknik pelaksanaan program untuk penelitian ini adalah (1) tes awal digunakan untuk mengukur kemampuan awal siswa terhadap materi yang diajarkan (2) sedangkan tes akhir dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan oleh guru dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Critical Incident.

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Critical Incident, Keterampilan Menulis


Full Text:

PDF

References


Al Rasyidin dan Wahyudin Nur Nasution. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 1997. Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Aspia,Asrar. 2013. Media Pembelajaran. Medan : Perdana Publishing

Bahri Djamarah, Syaiful. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Bungin, M. Burhan. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-Ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Kencana

Dimyanti dan Mudjiono. 2006. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djuanda, Dadan. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Komunikatif dan Menyenangkan. Jakarta: Depdiknas

Hamalik, Oemar. 2010. Proses BelajarMengajar. Jakarta: BumiAksara

Mulyati, Yeti. 2000. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Universitas Terbuka. Muslich,

Masnur. 2007. KTSP Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Saddhono, Kundharu. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung: CV. Karya Putra Darwati.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, H.D. 2005. Metoda & Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v4i2.2423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.