PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CRITICAL INCIDENT BERBANTUAN GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS MAHASISWA PADA MATAKULIAH ENGLISH FOR JURNALISM PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS UMSU
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Strategi Pembelajaran Critical Incident Berbantuan Gambar Seri Terhadap Kemampuan Menulis Mahasiswa Pada Mata Kuliah English for Journalism Program Studi Bahasa Inggris FKIP UMSU T.A 2017/2018. (2) Untuk mengetahui berapa persen ada Pengaruh Strategi Pembelajaran Critical Incident Berbantuan Gambar Seri Terhadap Kemampuan Menulis Mahasiswa Pada Mata Kuliah English for Journalism Program Studi Bahasa Inggris FKIP UMSU. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. .Teknik pelaksanaan program untuk penelitian ini adalah (1) tes awal digunakan untuk mengukur kemampuan awal siswa terhadap materi yang diajarkan (2) sedangkan tes akhir dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan oleh guru dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Critical Incident.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Critical Incident, Keterampilan Menulis
Full Text:
PDFReferences
Al Rasyidin dan Wahyudin Nur Nasution. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.
Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 1997. Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Aspia,Asrar. 2013. Media Pembelajaran. Medan : Perdana Publishing
Bahri Djamarah, Syaiful. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Bungin, M. Burhan. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-Ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Kencana
Dimyanti dan Mudjiono. 2006. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djuanda, Dadan. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Komunikatif dan Menyenangkan. Jakarta: Depdiknas
Hamalik, Oemar. 2010. Proses BelajarMengajar. Jakarta: BumiAksara
Mulyati, Yeti. 2000. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Universitas Terbuka. Muslich,
Masnur. 2007. KTSP Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara.
Saddhono, Kundharu. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung: CV. Karya Putra Darwati.
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, H.D. 2005. Metoda & Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa
DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v4i2.2423
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id