PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SEMESTER II SMA

Fine Eirene Siahaan

Abstract


Abstrak. Penelitian ini tentang “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dengan Penggunaan Alat Peraga Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Semester II SMA”.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga fisika. Rancangan penelitian ialah two group pretest posttest quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas X semester II SMA Negeri 1 Kabupaten Simalungun. Sampel ditentukan secara Cluster Random Sampling untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian terdiri dari 20 soal pilihan berganda dan sesuai taksonomi bloom (C4 – C8).  Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar fisika siswa pada pokok bahasan Listrik Dinamis yang diajarkan dengan menerapkan model pembelajaran inkuir dengan penggunaan alat  peraga fisika memiliki nilai rata-rata pada pretes adalah 38,5 dan nilai rata-rata pada postes adalah 71,16; (2) Hasil belajar fisika siswa pada pokok bahasan Listrik Dinamis yang diajarkan tanpa penerapan model pembelajaran ikuiri dengan penggunaan alat peraga fisika memiliki nilai rata-rata pada pretes adalah 36,5 dan nilai rata-rata pada postes adalah 64;  (3) Ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran inkuiri dengan penggunaan alat peraga fisika terhadap hasil belajar fisika siswa pada pokok bahasan Listrik Dinamis.

Kata kunci: Model pembelajaran Inkuiri Dengan Penggunaan

                     Alat Peraga, Hasil Pembelajaran, model

                     pembelajaran Direct Instruction

 

Abstract. This research is about "The Effect of Inquiry Learning Model with the Use of Physics Teaching Aids on Student Learning Outcomes of Class X Semester II High School". This study aims to determine student learning outcomes using physics teaching aids. The study design was two quasi pretest posttest experimental groups. The study population was students of class X semester II of SMA Negeri 1 Simalungun Regency. The sample is determined by Cluster Random Sampling for the experimental class and the control class. The research instrument consisted of 20 multiple choice questions and according to bloom taxonomy (C4 - C8). The results showed: (1) student physics learning outcomes on the subject of Dynamic Electricity taught by applying the inquiry learning model with the use of physics teaching aids had an average value at pretest was 38.5 and the average value at posttest was 71.16 ; (2) Student physics learning outcomes on the subject of Dynamic Electricity taught without the application of the ikuiri learning model with the use of physics teaching aids have an average value at pretest is 36.5 and the average value at posttest is 64; (3) There is a significant influence on the application of inquiry learning model with the use of physics teaching aids on student physics learning outcomes on the subject of Dynamic Electricity.

Keyword: Inquiry learning model with the use of teaching aids, Learning Outcomes, Direct Instruction learning model

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, & Supriyono. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi), Jakarta : Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran (Edisi 1-9). Jakarta: Kharisma Putra Offset.

Dimyati,. Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djam’an Satori, (2007). Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah., Syaiful , B. 1999. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

E. Mulyana. 2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyeangkan. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.

Kanginan, M. 2013. Fisika Untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Jihad., Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Purwanto, M. Ngalim., M.P. 2009. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran (Edisi 15). Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Ruwanto. B. 2007. Asas-Asa Fisika SMA X 1B (Edisi Kedua). Jakarta. Yudhistira.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran (menggembangkan Profesional Guru) edisi Kedua. Jakarta. Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta.PT. Rineka Cipta.

Sudjana, N., Rivai, A. 2002. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana. 2006. Metode Statiska. Bandung: Tarsito.

Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning, Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta. Pustaka Belajar.

Tim Penyusun.2001. Diktat Belajar dan Pembelajaran.Medan. Unimed.

Tirtaraharja, U., Sulo. L.L. 2005 . Penghantar Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Uno, Hamzah B. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i1.2528

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.