Kemampuan Menulis Teks Ulasan Berdasarkan Struktur, Ciri Kebahasaan, dan Ejaan Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Cirebon Tahun Ajaran 2019/2020

Annis Muthiarani Dwi Putri, Tato Nuryanto, Emah Khuzaemah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks ulasan berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan ejaan pada siswa kelas VIII SMPN 7 Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil teks ulasan siswa. Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Cirebon memperoleh nilai rata-rata dengan presentase 64.66% dengan kriteria interval dikategorikan cukup. Kemampuan menulis berdasarkan struktur sebesar 55.27% dengan kriteria skala interval dikategorikan kurang. Kemampuan menulis berdasarkan ciri kebahasaan siswa sebesar 72.92% dengan kriteria skala interval dikategorikan baik, dan kemampuan menulis berdasarkan ejaan sebesar 60.68% dengan kriteria skala interval dikategorikan cukup.

References


Arifin, Z., & H, F. (2009). 1001 Kesalahan Berbahasa (2009th ed.). Jakarta: Akademika Press Indo.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariyanto. (2009). Kemampuan Menulis Narasi dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Siswa Kelas VIII SMP Kanisus Kalasan, Sleman, Yogyakarta Tahun Ajaran 2008/2009. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Chaer, A. (2011). Tata Bahasa Praktis: Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

HP, A., & Abdullah, A. (2012). Linguistik Umum. Jakarta: Erlangga.

Kurniasari, N., dkk. (2018). Analisis Kesalahan Ejaan Pada Salah Satu Judul Berita “Isu Tka Digoreng Menjelang Pilpres” Pada Surat Kabar Tribun Jabar Edisi 25 April 2018. Jurnal Parole Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(4).

Maulana, A. (2014). Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Berdasarkan Teks Wawancara Siswa Kelas VII A MTS Al Jamhuriyah Kecamatan Cinere Kota Depok.Jakarta: Universitas Negeri Jakarta (UIN) Syarif Hidayatullah.

Novitasari, E., dkk. (2015). Kemampuan Menulis Teks Ulasan/Resensi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Kotagajah. Univ Lampung. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya).

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Sriyanto. (2016). EJAAN: Seri Penyuluhan Bahasa. Jakarta: Pusat Pembinaan Bahasa.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H. G. (2008). Menyimak (Revisi; A. W & S. H, eds.). Bandung: Angkasa.

Wena, M. (2013). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Wijayanti, D. R. (2014). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Morfologi Pada Karangan Narasi Siswa Kelas Vii Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 1 Weleri Tahun Ajaran 2013/2014. Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i1.2616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.