PENGARUH SIKAP BERBAHASA DAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 KOTA PADANG

Mrs. Rasmayeni

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh sikap berbahasa terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswakelas X SMA Negeri 3 Padang, (2) pengaruh motivasi belajar bahasa terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang, serta (3) pengaruh simultan sikap berbahasa dan motivasi belajar bahasa terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Negeri 3 Kota Padang. Penelitian yang dilakukan di kelas X SMA Negeri 3 Kota Padang ini merupakan jenis penelitian expost-facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini sebanyak 228 orang siswa jurusan MIPA dan sampelnya ditentukan sebanyak 75 orang. Setelah dilakukan penelitian, hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) prestasi belajar bahasa Indonesia pada kategori tuntas sebanyak 30 siswa (40%) dan kategori yang belum tuntas sebanyak 45 siswa (60%). (2) pada sikap berbahasa terdapat kategori sangat baik sebesar 20 (26,667%), kategori baik sebesar 9 (12%), kategori kurang sebesar 40 (53,333%), dan kategori sangat kurang sebesar 6 (8%). Dapat disimpulkan bahwa variable sikap berbahasa termasuk dalam kategori kurang sebesar 53,333%. (3) pada motivasi belajar bahasa terdapat kategori sangat tinggi sebesar 15 (20%), kategori tinggi sebesar 20 (26,667%), kategori rendah sebesar 36 (48%), dan kategori sangat rendah sebesar 4 (5,333%). Dapat disimpulkan bahwa variable motivasi belajar bahasa Indonesia termasuk dalam kategori rendah sebesar 48%. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap berbahasa dan motivasi belajar bahasa dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pelajaran bahasa Indonesia.

Kata kunci: pengaruh, sikap berbahasa, motivasi belajar

                     bahasa, prestasi belajar.

Abstract. This study aims to determine (1) the effect of language attitudes on student achievement in grade X students of SMA Negeri 3 Padang, (2) the influence of language learning motivation on Indonesian language learning achievement in class X students of SMA Negeri 3 Padang, and (3) the simultaneous influence of attitudes language and language learning motivation toward Indonesian language learning achievement in class X SMA Negeri 3 Padang. Research conducted in class X SMA Negeri 3 Padang is a type of ex-facto research using a quantitative approach. The population of this study was 228 students majoring in Mathematics and Natural Sciences and the sample was determined as many as 75 people. After conducting research, the results of the study show that: (1) the achievement of learning Indonesian in the complete category is 30 students (40%) and the unfinished category is 45 students (60%). (2) in the language attitude there is a very good category of 20 (26.667%), a good category of 9 (12%), a less category of 40 (53.333%), and a very less category of 6 (8%). It can be concluded that the language attitude variable is included in the less category by 53.333%. (3) in language learning motivation there are very high categories of 15 (20%), high categories of 20 (26,667%), low categories of 36 (48%), and very low categories of 4 (5,333%). It can be concluded that the variable motivation to learn Indonesian is included in the low category by 48%. The conclusion of this research result shows that language attitude and language learning motivation can improve student learning achievement in Indonesian language lessons.

Keywords: influence, language attitude, language learning motivation, learning achievement.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran, Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aslinda dan Leni Syafyahya. 2013. Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: Refika Aditama.

Budiawan. 2008. “Pengaruh SikapBahasa dan Motivasi Belajar BahasaTerhadap Prestasi pada MataPelajaran Bahasa Indonesia danBahasa Inggris Siswa SMA se-BandarLampung”. Tesis [online], diakses pada 25 Desember 2015. Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia.

Chaer, Abdul dan Leoni Agustina. 2014. Sosiolinguistik: Suatu Pengantar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono.2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djaali. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamzah, dkk. 2013. Variabel Penelitian dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Ina Publikatama.

Purwanto, Ngalim. 2012. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Saleh, Muhammad dan Mahmudah.2008. Sosiolinguistik. Makassar: Badan Penerbit UNM

Wardani, Devi Kalfika Anggria Wardani, M. Gosong, G. Artawan. 2013. “Sikap Berbahasa Siswa Terhadap Bahasa Indonesia: Studi Kasus di SMA Negeri 1 Singaraja”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 2 Tahun 2013.

Winarti, Sri. 2015. “Sikap berbahasaMasyarakat di Wilayah Perbatasan NTT: Penelitian Sikap berbahasa pada Desa Silawan, Provinsi Nusa Tenggara Timur”. E Jurnal Metalingua, Vol. 13 No. 2, Desember 2015, hal.215—227.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v4i2.2687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.