HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PKN DENGANPRESTASIBELAJAR DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR

Sepriandison Saragih

Abstract


Abstrak. Kompetensi pedagogis adalah kompetensi yang dimiliki seorang guru dalam mengelola proses belajar siswa. Selain itu, kompetensi pedagogis juga ditunjukkan dalam memberikan bantuan, membimbing, dan memimpin siswa. Kompetensi pedagogis yang baik akan menghasilkan prestasi belajar siswa yang baik. Selanjutnya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat korelasi antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru pendidikan kewarganegaraan dan prestasi belajar siswa. Selain itu, ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru pendidikan kewarganegaraan dan prestasi belajar siswa di siswa kelas X SMA Negeri 1 Pematangsiantar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Sampel diperoleh secara acak dengan lotere. Dalam mengumpulkan data, teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Temuan penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan pengujian korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru dan prestasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil pengujian korelasi Product Moment sebesar 0,596, yang disesuaikan dengan tabel interpretasi nilai r. Dengan demikian, nilai 0,596 dikategorikan ke dalam interval koefisien antara 0,40 hingga 0,599. Interval ini diartikan sebagai kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bahwa sekolah harus meningkatkan kompetensi pedagogis guru dan perlu kerja sama antara sekolah dan pemerintah untuk memilih guru yang berkualitas tinggi, mampu mendidik, mengajar, membimbing, memimpin , latih, nilai dan evaluasi siswa. Karena itu, upaya ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Kata kunci: Kompetensi Pedagogis, Prestasi Belajar Siswa

 

Abstract. Pedagogical competence is a competence a teacher has in managing students’ learning process. Besides, pedagogical competence is also indicated in giving help, guiding, and leading the students. A good pedagogical competence will result in students’good learning achievement. Furthermore, this researc haims to find out how strong the correlation between the students’ perception about pedagogical competence of civic education teachers and the students’ learning achievement. Additionally, it aims to find out the significant correlation between the students’ perception about pedagogical competence of civic education teachers and the students’ learning achievement at the tenth-grade students of SMK Muhammadiyah 1Banjarmasin. This research used quantitative approach with the sampling technique using table of Krejcie and Morgan. The sample was obtained randomly by lottery. Incollecting the data, techniques used were observation, interview, questionnaire, and documentation. The research findings were analyzed by using descriptive analysis and testing of Product Momentcorrelation. The result of this research shows that there is significant correlation between pedagogical competence of teachers and the students’ learning achievement. It is seen from the testing result of Product Moment correlation as much as 0,596, which was adjusted to table of r value interpretation. Thus, 0,596 value was categorized into coefficient interval between 0,40 to 0,599. This interval is interpreted as medium category. Based on the result of this research, it is suggested that the school should increase the teachers’ pedagogical competence and it needs cooperation between the school and the government in order toselect teachers whose high quality, are able to educate, teach, guide, lead, train, assess and evaluate the students. Therefore, this effort can increase the education quality inIndonesia.

Keywords: Pedagogical Competence, Students’ Learning

                  Achievement

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Abu, dkk. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto,. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Renika Cipta

Kuanndar. 2007. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nurfuadi. 2012. Professionalisme Guru. Purwokerto: STAIN Press.

Peraturan Pemerintah No.74 tahun 2008 tentang Guru

Muhaimin. 2004. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhibin. 2004. Pengertian Kompetensi. Jakarta: Raja GrafindoPersada

Sagala. 2009. Pengertian Guru, Jakarta: BumiAksara

Sardiman. 2005. Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Media Utama

Spencer & spencer. 2009. Kompetensi Guru.(online),(http://haripambudi.blogspot.com/2009/09/kompetensi-guru.html diakses 22 Desember 2012)

Sudjana. 2006. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara

Sudrajat, Akhamd. 2012. Aspek dan Indikator Kompetensi Pedagogik Guru. (Online), (http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2012/01/29/kompetensi-pedagogilk-guru/,diakses 30 Nopember2012).

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta Geusan Ulun




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i1.2708

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.