PROBLEMATIKA PENYUSUNAN BAHAN AJAR MENYIMAK KREATIF

Fauzi Fahmi

Abstract


Abstract

The problems that occur in the preparation of listening teaching materials are still frequent. As for the problem of listening skills, first, the problem of listening competency test, second, the problem of technology stuttering and the availability of media experienced by the teacher, third, the problem of the conventional learning process, fourth, the problem of authentic assignment. This study uses a literature study method that relies on bibliographical sources from books and articles in scientific journals. 1) Planning for teaching materials that is carried out by the teacher in the form of selecting methods or strategies, media and learning steps that are implemented in the form of a learning implementation plan. 2) Implementation of the role of a teacher who excels in applying creative and innovative models, approaches, strategies, methods, techniques and tactics as well as media in the Indonesian language learning process, especially in listening skills. 3) The solution is given through the first, the listening competency test, second, the habituation of using technology and the availability of media, third, the creative and innovative learning process, fourth, the continuous authentic assignment.

Keywords: Teaching Materials, Listening, Creative

 

Abstrak

Problematika yang terjadi dalam penyusan bahan ajar menyimak masih sering terjadi. Adapun problematikan keterampilan menyimak, pertama, permasalahan tes kompetensi menyimak, kedua, permasalahan gagap teknologi dan ketersediaan media yang dialami guru, ketiga, permasalahan proses pembelajaran yang konvensional, keempat, permasalahan penugasan otentik. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan yang mengandalkan sumber bibliografi dari buku dan artikel di jurnal ilmiah. 1) Perencanaan penyusuna bahan mengajar yang dilakukan oleh guru berupa, pemilihan metode atau strategi, media dan langkah-langkah pembelajaran yang diimplementasikan dalam bentuk rencana pelaksanaan pembelajaran. 2) Implementasi peranan seorang guru yang unggul dalam menerapkan model, pendekatan, strategi, metode, tehnik dan taktik serta media yang kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia khsusunya dalam keterampilan menyimak. 3) Solusi yang diberikan melalui pertama, adanya tes kompetensi menyimak, kedua, pembiasaan menggunakan teknologi dan ketersediaan media, ketiga, Proses pembelajaran yang kretaif dan inovatif, keempat, Penugasan otentik secara kontinu.

Kata Kunci: Bahan Ajar, Menyimak, Kreatif


References


Arsanti. Mailan, “Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi Pbsi, Fkip, Unissula”, Jurnal Kredo, Vol. 1 No. 2, (April 2018).

Citraningrum, Dina Merdeka. “Pengembangan Bahan Ajar Menyimak-Berbicara Untuk Siswa Smp Dengan Pendekatan Kontekstual.” Belajar Bahasa 1, No. 2 (2017).

Jatmiko, Jatmiko. “Pengaruh Penggunaan Multimedia Dan Penguasaan Kosakata Bahasa Jawa Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Wayang.” Stilistika: Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya 4, No. 2 (2019).

Iskandarwassid. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. (2001). Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa Dan Sastra, Yogyakarta: Bpfe.

Nurjanah, Eka, Dan Dhikrul Hakim. “Pengembangan Bahan Ajar Materi Mencerna (Menyimak Cerita Anak) Berbasis Cerita Anak Majalah Bobo Pada Siswa Kelas Vi Mi Darun Najah 1 Jatirejo Mojokerto.” Jurnal Bidang Pendidikan Dasar 2, No. 1 (2018): 69–83.

Puspitasari, Wina Dwi, Dan Roni Rodiyana. “Media Gambar Dan Pesan Berantai Sebagai Strategi Efektif Pembelajaran Menyimak Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar.” Proceedings Of The Icecrs 2, No. 1 (2019): 107–113.

Prihatin, Yulianah, “Problematikan Keterampilan Menyimak Dalam Pembelajaran Bahasa Indoensia”, Sastranesia, Vol. 5, No. 3, (2017).

Saddhono, (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung: Karya Putra Darwati.

Sanusi, Anwar. “Peningkatan Hasil Pembelajaran Menyimak Dengan Teknik Identifikasi Kata Kunci.” Jurnal Membaca Bahasa Dan Sastra Indonesia 4, No. 1 (2019): 1–8.

Suparmi, Nyoman. “Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dengan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Dialog Interaktif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial 4, No. 2 (2019).

Tarigan, Henry Guntur, (2008). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Widhiasih, Luh Ketut Sri Widhiasih, Dan Putu Ayu Paramita Dharmayanti. “Dictogloss Pada Pembelajaran Menyimak Di Sekolah Dasar.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 3, No. 1 (2019): 49–56.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i1.3069

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.