KEMAMPUAN MENULIS CERITA BERDASARKAN DONGENG BERGAMBAR OLEH SISWA KELAS V SD NEGERI 104232 TANJUNG MORAWA

Putri Juwita, Tiflatul Husna

Abstract


Abstrak. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif yaitu berupaya mendeskripsikan kemampuan siswa menulis cerita berdasarkan dongeng bergambar yang dibacanya. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V  SD Negeri 104232 Tanjung Morawa.Populasi dalam penelitian ini adalah 32 orang siswa.maka sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 104232 Tanjung Morawa. Teknik pengumpulan data adalah tes kemampuan menulis cerita berdasarkan dongeng bergambar yang diberikan kepada siswa.Teknik Analisis Data menghitung skor tes menulis cerita lalu Menghitung nilai mean dan standar deviasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pada umumnya siswa yang mampu menulis cerita berdasarkan dongeng bergambar sebesar 87,5%, sedangkan sisanya 12,5% dinyatakan belum mampu.maka dapat simpulkan tingkat kemampuan menulis cerita berdasarkan dongeng bergambar oleh siswa kelas V  SD Negeri 104232 Tanjung Morawa dikategorikan  baik dengan rata-rata 75,09.

Kata Kunci: kemampuan, menulis, cerita

Abstract. This research is a descriptive research. Descriptive research, which seeks to describe the ability of students to write stories based on pictorial tales they read. This research was conducted in class V SD Negeri 104232 Tanjung Morawa. The population in this study were 32 students. So the sample of this study was all grade V SD Negeri 104232 Tanjung Morawa. The data collection technique is a test of the ability to write stories based on illustrated fairy tales given to students. Data analysis techniques calculate the story writing test score and then calculate the mean and standard deviation value. Thus it can be concluded that in general students who are able to write stories based on pictorial tales are 87.5%, while the remaining 12.5% are declared incapable. So it can be concluded that the level of ability to write stories based on pictorial tales by grade V SD Negeri 104232 Tanjung Morawa categorized as good with an average of 75.09.

Keywords: ability, writing, stories

Full Text:

PDF

References


Arifin, E. Zainal dan Tasai, S. Amran. 2009. Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta : Akademika Pressindo.

Danandjaja, J. 2007. Foklor Indonesia, ilmu gosip, dongeng, dan lain-lain. Jakarta : Pustaka Utama Grafiti.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1995. Bahan Penyuluhan Bahasa Indonesia. Jakarta : Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2006. Strategi Belajar-Mengajar. Cetakan III. Jakarta : Rineka Cipta.

Khairina, dkk. 2003. Materi Kuliah Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. IAIN Sumatera Utara. Medan.

Maskurun, dkk. 2009. Bahasa Indonesia IA untuk SMK Tataran Semenjana. Yogyakarta : LP2IP.

Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya : SIC.

Sugono, Dendy. 2003. Buku Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta : Pusat Bahasa.

Wirjasoedarmo, Soekono. 1984. Tata Bahasa Indonesia. Surabaya: Sinar Wijaya.

Yustina dan Iskak, Ahmad. 2008. Bahasa Indonesia Tataran Unggul untuk SMK dan MAK. Kudus : Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i1.3112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.