PENGAR UH PENGGUNAAN TEKNIK TERATAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X MAS TAHFIZHIL QURAN MEDAN

Andi Syahputra Harahap

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Teknik Teratai Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X MAS Tahfizhil Quran Medan . Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Tahfizhil Quran Medan , yang berjumlah 88 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 31 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian One Group Pre-test Post-test Design yang hanya dilaksanakan pada satu kelas (kelompok) saja. Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pretest 64,52, standar deviasi 6,26, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 65 sebanyak 9 orang atau sekitar 29,03 %. Nilai rata-rata postest 73,7, standar deviasi 8,32, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 75  sebanyak 7 orang atau sekitar 20,59%. Selanjutnya, t0 dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5%  dengan df = n -1 = 31 -1 =30 diperoleh taraf signifikan 5% sebesar 2,04. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui t0> ttabel, yakni 4,83 > 2,04. Dengan demikian H0 (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Hal ini membuktikan bahwa Ada Pengaruh Penggunaan Teknik Teratai dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X MAS Tahfizhil Quran Medan .

Kata Kunci : pengaruh, teknik teratai, menulis puisi

 

Abstract:This study aims to determine the effect of use of Lotus Engineering in Developing Ability Poetry Writing Class X Students MAS Tahfizhil Quran Medan in Academic Year 2020/2021. The population of this study were all students of class X MAS Tahfizhil Quran Medan, which amounted to 88 people and that a sample as many as 31 people. The research method used was experimental method to the study design models One Group Pre-test Post-test design that is only implemented in one class (group) only. From the data processing, the value of the average pretest 64.52, standard deviation 6.26, the spread of student scores highest is 65 by 9 people or about 29.03%. The average value of posttest 73.7, standard deviation 8.32, the spread of student scores highest is 75 by 7 people or about 20.59%. After testing for normality and homogeneity do, then it transpired t0 of 4.83. Furthermore, in consultation with the table t t0 the 5% significance level with df = n -1 = 31 -1 = 30 obtained significant level of 5% is 2.04. Based on the calculations that have been done, it is known t0> TTable, ie 4.83> 2.04. Thus H0 (null hypothesis) is rejected and Ha (alternative hypothesis) is accepted.This proves that Ada Effects Using Lotus Engineering in Improving Students Ability Poetry Writing Class MAS Tahfizhil Quran Medan.

Keywords: influence, lotus technique, writing poetry

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Nazir. 2003. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : RajawaliPers.

Sudjana.2005. Metoda Statistika.Bandung : Tarsito.

----------------. 2001. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung. Falah production.

Suryani.Efektivitas Penggunaan Teknik Teratai Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Cimahi Tahun Ajaran 2009/2010.Skripsi.UPI.

Wiji Astuti, Wahyu. 2011. Efektivitas Strategi Pohon Jaringan Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Nusantara Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2011/2012.Skripsi.UNIMED.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v4i2.3150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.