KONTRIBUSI MOTIVASI BELAJAR DAN PENGETAHUAN STRUKTUR BERITA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BERITA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH KAMANG

Lisa Yuniarti

Abstract


Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi pada siswa kelas VIII MTsN Kamang. Kemampuan menulis berita dipilih dalam penelitian ini disebabkan oleh rendahnya nilai rata-rata kemampuan menulis berita yang diperoleh siswa, yaitu 73 (berada dibawah KKM). Rendahnya nilai tersebut diduga berkaitan dengan motivasi belajar dan pengetahuan struktur berita yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar kontribusi motivasi belajar dan pengetahuan struktur berita terhadap kemampuan menulis berita. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Kamang yang berjumlah 120 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling yang menghasilkan sampel penelitian sebanyak 35 orang. Datapenelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berbentuk angket, tes objektif, dan tes unjuk kerja. Selanjutnya, data diolah dengan menggunakan rumus product moment, korelasi ganda, uji F, dan uji regresi ganda untuk mengetahui besarnya kontribusi antarvariabel yang diteliti.

Kata kunci: menulis teks berita, pembelajaran motivasi, pengetahuan

                     struktur berita

 

Abstract. The background of this research is the problem that is happening in VIII year students if MTsN Kamang. The writer chooses the students ability in writing news because the students get low score, it is 73 (below the KKM). The writer predicts that there is a link between students motivation in studying and students’ knowledge about news structure. The writer does this research ti describe how big the contribution of studying motivation and structure news in writing news.The population of this is the VIII year students of MTsN Kamang, consists of 120 students. The writer uses analysis desrciptive method. The technic that is used in this research is simple random sampling with 35 students in this research. The research is using some instruments such as questionnaire, optional test which is used to measure the news structure knowledge, and the writing test is used to measure the ability in writing news. Next, the data is processed using product moment formula, double correlation, F test, double regression test to know how the contribution between the variable.

Key Mords: writing news texts, studying motivation, knowledge news 

                      structure

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2010. Bahasa Jurnalistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Deahl, Rachel. 2012. News Writing: The Essentials of News Writing, (http://mediacareers.about.com/od/thenecessaryskills/a/WritingSkills.htm) diakses pada 24 November 2013.

Deahl, Rachel. 2012. What is Hard News?, (http://mediacareers.about.com/od/glossary/g/HardNews.htm) diakses pada 25 November 2013.

Djaali. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Karthik, Praveen. 2012. What are the Three Main Parts of a News Story, (http://www.preservearticles.com/what-are-the-three-main-parts-of-a-news-story.html) diakses pada 25 November 2012.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: rajawali press.

Simbolon, Parakitri T. 1997. Vademekum Wartawan: Reportase Dasar. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v4i2.3154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.