ANALISIS METODE RESITASI DALAM MERESENSI FILM SOKOLA RIMBA DI SMK MULTI KARYA MEDAN

Fita Fatria, Amanda Syahri Nasution

Abstract


Abstrak. Faktor yang paling mendukung dalam kegiatan belajar mengajar adalah guru dan siswa. Pembelajaran merupakan suatu proses yang tidak hanya mentransfer ilmu pengetahuan dari guru kepada siswa, tetapi melibatkan berbagai tindakan dan kegiatan yang harus dilakukan. Metode pembelajaran merupakan alat yang juga berpengaruh dalam penunjang keberhasilan proses pembelajaran. Metode resitasi merupakan salah satu metode yang dapat mendukung pembelajaran bahasa Indonesia. Metode resitasi adalah metode penyajian bahan dimana guru memberikan tugas tertentu agar siswa melakukan kegiatan belajar. Masalah tugas yang diberikan siswa dapat dilakukan di kelas, di halaman sekolah, di laboratorium, di perpustakaan, di bengkel, di rumah siswa atau dimana saja asal tugas itu dapat dikerjakan. Pemilihan metode resitasi merupakan upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis resensi film didasarkan pada tuntutan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang memberikan kebebasan pada guru untuk memilih pendekatan dan teknik yang akan digunakan pada pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas X MM 1 SMK Multi Karya Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah analisi metode resitasi dalam meresensi film sokola rimba pada mata pelajaran Bahasa Indonesia agar lebih menarik dan interaktif bagi siswa serta membuat pembelajaran di kelas menjadi tidak membosankan. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para siswa, guru dan kepala sekolah, serta civitas akademika dan semua pihak agar dapat menggunakan media pembelajaran yang ekonomis dan efisien secara efektif guna mencapai tujuan pembelajaran.

Kata Kunci: Metode Resitasi, Resensi Film, Sokola Rimba

 

Abstract. The most supportive factors in teaching and learning activities are teachers and students. Learning is a process that not only transfers knowledge from the teacher to students, but involves various actions and activities that must be carried out. The learning method is a tool that is also influential in supporting the success of the learning process. The recitation method is one method that can support learning Indonesian. The recitation method is a method of presenting material where the teacher gives certain tasks so that students carry out learning activities. Problem assignments given by students can be done in class, on school grounds, in laboratories, in libraries, in workshops, at students' homes or anywhere as long as the assignments can be done. The selection of the recitation method is an effort to improve writing skills for film reviews based on the demands of the education unit level curriculum that gives teachers the freedom to choose the approaches and techniques to be used in learning. The subjects in this study were students of class X MM 1 SMK Multi Karya Medan. This research is a qualitative research. The data in this study were obtained from observation. The data analysis technique used consists of data reduction, data presentation, and conclusions. The results of this study are the analysis of the recitation method in reviewing the sokola jungle film in Indonesian subjects to make it more interesting and interactive for students and to make learning in class less boring. Based on the results of this study, it is hoped that it will become material for information and input for students, teachers and principals, as well as the academic community and all parties in order to be able to use economical and efficient learning media effectively to achieve learning objectives.

Keywords: Recitation Method, Film Review, Sokola Rimba



Full Text:

PDF

References


Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran:Mengembangkan Propesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Azwan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Bitar. 2019. Resensi. Tersedia: https://www.gurupendidikan.co.id/resensi-adalah/ diakses 24 Juni 2019

Nurhibatullah. 2015. Metode Resitasi. Tersedia: https://nurhibatullah.blogspot.com/2015/12/metode-resitasi.html diakses 23 Juni 2019

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v4i2.3156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.