PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA (SURVEI PADA SISWA SMK AL IHSAN DEPOK)

Adi Permana

Abstract


Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh membaca pemahaman terhadap keterampilan pemecahan masalah matematika.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan analisis korelasional.Penelitian dilaksanakan selama 2 bulan, tepatnya pada bulan Januari Feruari 2019.Populasi sebanyak 120 siswa dengan Sampel sebanyak 40 siswa yang diambil dengan teknik random sampling.Pengumpulan data dilaksanakan dengan tes tulis dan tes pilihan ganda.Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh kemampuan membaca pemahaman terhadap keterampilan pemecahan masalah matematika siswa di SMK Al Ihsan Depok. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung 10,16 dan sig 0,003 < 0,05. Besarnya hubungan kedua variable sebesar 0,459 yang artinya hubungan cukup kuat dengan kontibusi variable X terhadap Y sebesar 21,1% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Kata Kunci : Kemampuan Membaca Pemahaman, Keterampilan

                       Pemecahan Masalah, Pengaruh.

Abstract. The purpose of this research is to study reading comprehension of mathematical problem solving skills. The method used in this study is a survey method with correlational analysis. The study was conducted for 2 months, approved in January 2019 in February. The population was 120 students with a sample of 40 students taken by random sampling technique. Data collection is done by written tests and multiple choice tests. The results showed the ability to solve reading problems to students' problem solving skills at SMK Al Ihsan Depok. This is evidenced by the value of Fcount 10.16 and sig 0.003 <0.05. The magnitude of the relationship between the two variables is 0.459 which means that the relationship is quite strong with the X variable between Y by 21.1% and the rest by other variables

Keywords: Reading Comprehension Ability, Problem Solving Skills

                    Influence.

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Sabarti, dkk. 1993. Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Hasbullah. 2011. Dasar – Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.

Muktiono, D Joko. 2003. Aku Cinta Buku: Menumbuhkan Minat Baca pada Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Soedarso. 2002. Speed Reading : Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suyatno. 2009. Model Pembelajaran Membaca dan Kemampuan Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. Jakarta: Uhamka Press.

Sa’adah, Amilatus. 2009. Persepsi Siswa atas Kedisiplinan Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X MAN Bawu Jepara Tahun Ajaran 2008/2009. Semarang: Perpustakaan Fakultas Tarbiyah.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i2.3182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.