PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS AUDIO PADA MATERI DEBAT KELAS X SMA NEGERI 1 LUBUK PAKAM

Nila Safina, Rita Rita, Rika Kartika, Aderia Mustika Tanjung

Abstract


Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kelayakan dan keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Audio Pada materi Debat. Pengembangan ini menggunakan metode R&D (Research Develpoment) level 1, dibatasi pada tahap Desain teruji hanya sampai validasi ahli materi dan ahli desai tanpa penyebaran dan pengajaran ke subjek. Penelitian ini dilakukan di kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Lubuk Pakam, Provinsi Sumatera Utara Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian pengembangan ini adalah Analisis Deskripstif Kualitatif.  Hasil Validasi dari kedua ahli materi menunjukan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Audio Pada materi Debat yang dikembangkan layak untuk digunakan dengan peroleh rat-rata 4,44 dan 4.48 dalam kategori “sangat baik” dengan presentase kelayakan 88% dan 89% tergolong dalam kategori” sangat layak” dan hasil kedua ahli maedia menunjukan bahwa desain dan audio pada Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Audio yang dikembangkan layak untuk digunakan dengan perolehan rata-rata 4,32 dan 4,68 dalam kategori “sangat baik”dengan presentase kelayakan 86% dan 93 % tergolong dalam kategori “sangat layak”

 

Kata Kunci : Lembar Kerja Peserta Didik, Berbasisi Audio, pengembanga  R&D (Research Devlopment) level 1, Materi Debat

 

Abstract. This research is a development research that aims to determine how the development, feasibility and effectiveness of Audio-Based Student Worksheets on Debate material. This development uses the R&D (Research Development) level 1 method, limited to the tested design stage only to the validation of material experts and design experts without dissemination and teaching to the subject. This research was conducted in class X MIPA 2 SMA Negeri 1 Lubuk Pakam, North Sumatra Province. The research method used in this development research is qualitative descriptive analysis. The validation results of the two material experts show that the Audio-Based Student Worksheet on the Debate material developed is feasible to use with an average of 4.44 and 4.48 in the "very good" category with the feasibility percentage of 88% and 89% belonging to the category very feasible "and the results of the two media experts show that the design and audio on the Audio-Based Student Worksheet developed is feasible for use with an average gain of 4.32 and 4.68 in the" very good "category with a feasibility percentage of 86% and 93 % are in the "very feasible" category

 

Keyword: Student Worksheets, Audio-Based, Level 1 R&D (Research Development) Development, Debate Materials

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. RINEKA CIPTA

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada Benedikta, Ango. 2013. Pengembangan LKPD Mata Pelajaran TeknologiInformasi dan Komunikasi Berdasarkan Standar IsiUntuk SMA Kelas X Semester Gasal.Skripsi Pendidikan Teknik Informatika.Yogyakarta: Universitas Yogyakarta

Erni, Zakia. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kemampuan Argumentasi Dengan Menggunakan Model PROBLEM SOLVING Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Tesis Program Pascasarjana Magister Keguruan Ipa. Universitas Lampung: Lampung

Evi Nita, Ambarsari. 2017. Pengembangan Media Audio Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Kelas V SDLB A Yaketunas.Jurnal Teknologi Pendidikan (Volume 6 Nomor 6). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Hendrikus, Dori Wuwur, 1991. Retorika. Yogyakarta: Kansius

Mulyasa. 2017. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Muhammad, Arif. 2016. Peningkatan Kemampuan Bertanya Melalui Metode Debat AktifSiswa Kelas VIII D SMP N 2 BANGUNTAPAN BANTUL. Jurnal Teknologi Pendidikan. (Volume 1 Nomor 5).




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i1.3411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.