ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA TATARAN MORFOLOGI PADA PORTAL MEDIA ONLINE TRIBUNJATENG.COM

Lulun Safira Nurzilla

Abstract


Abstrak. Bahasa merupakan unsur terpenting dalam kegiatan berkomunikasi. Dalam berkomunikasi  dapat dilakukan melalui pelantara media agar informasi yang disampaikan dapat terpahami secara jelas misalnya dari penulis kepada pembaca. Salah satu cara berkomunikasi yaitu dengan media massa digital melalui website dan media sosial seperti melalui portal media online tribunjateng.com dalam pemberian berita. Sebagai media penyalur berita kepada pembaca maupun pendengar tentu tidak luput dari kesalahan berbahasa dalam menulis dan menyajikan berita. Tujuan penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk menganalisis dan menginterpretasi kesalahan berbahasa khusus tataran morfologi pada portal media online tribunjateng.com masa terbit 7-10 Desember 2020. Penelitian ini menggununakan metode deskriptif analisis. Data penelitian ini bersumber dari portal berita online tribunjateng.com. Data yang diteliti diperoleh dengan cara dibaca, lalu dicatat selanjutnya disimpulkan dan dikelompokkan berdasarkan penggunaan tataran morfologi. Kesalahan yang ditemukan dari aspek morfologi yaitu penggunaan afiks yang tidak tepat dan pengulangan atau reduplikasi yang tidak tepat. Berdasarkan temuan-temuan kesalahan bahasa yang ditemukan dan setelah dilakukannya analisis kesalahan berbahasa harapannya dapat menjadi kritik dan saran dalam penulisan berita selanjutnya untuk mengutamakan bahasa Indonesia baku, jelas, lugas, dan sesuai dengan kaidah yang berlaku

References


Alber, A., Febria, R., & Fatmalia, R. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Morfologi dalam Tajuk Rencana Surat Kabar Kompas. GERAM, 6(1), 1-8.

Astuti, E. T. (2019). Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia Tataran Morfologi dalam Karangan Deskripsi Peserta

Balqistiningtyas, H. A. (2020). TEKNIK PENYUNTINGAN DAN ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA EDITORIAL MEDIA ONLINE TRIBUN JATENG.

Didik Kelas VII E dan Kelas VII F SMP N 35 Semarang (Doctoral dissertation, UNNES).

Jannah, M. (2020). Afiksasi Afiksasi (Prefiks dan Sufiks) dalam Kolom Ekonomi Bisnis di Koran Jawa Pos Edisi Kamis 14 November 2019. Jurnal Disastri (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 2(1), 18-25.

Nisa, K. 2018. Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Berita Dalam Media Surat Kabar Sinar Indonesia Baru. Jurnal Bindo Sastra 2 (2): 220

Permatasari, N. P. (2013). Abreviasi, Afiksasi, Dan Reduplikasi Ragam Bahasa Remaja Dalam Media Sosial Facebook. Suluk Indo, 2(3), 230-242.

Purnamentari, L. Y., Suandi, I. N., & Wisudariani, N. M. R. (2017). Analisis Jenis, Bentuk, dan Fungsi Tindak Tutur Berita Utama pada Koran Bali Post. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 7(2).

Riynaldiy, A. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Morfologi dalam Rubrik Opini Surat Kabar Waspada (Doctoral dissertation, UMSU).

Tarigan, Guntur H. (1997). Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Depdikbud




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i1.3425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.