ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PROSES PENILAIAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SESUAI KURIKULUM 2013 DI SMA RK SERDANG MURNI LUBUK PAKAM

Novi Sijabat

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan guru mata pelajaran bahasa Indonesia dalam melaksanakan proses penilaian hasil belajar Bahasa Indonesia sesuai Kurikulum 2013 (K13) di SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif ini dilakukan terhadap 3 informan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan beberapa kesulitan sebagian guru dalam hal: memahami sebagian dokumen, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan beberapa model pembelajaran K13; pengintegrasian PPK, C4, HOTS, dan literasi dalam RPP; menerapkan penetapan kriteria KKM; pengolahan nilai karena banyaknya kriteria dan indikator; pelaksanaan penilaian sikap dan keterampilan; pelaporan nilai, terutama dalam pelaporan dengan sistem/aplikasi; serta penerapan pemanfaatan dan tindak lanjut hasil penilaian. Solusinya diberi pelatihan dan langsung diterapkan secara konsisten dan kontiniu. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan alternatif dalam mengembangkan pengetahuan, sumbangan pemikiran, dan masukan positif bagi dunia pendidikan khususnya dalam melaksanakan peran sebagai seorang guru dalam mengatasi kesulitan dalam proses penilaian dan pelaporan nilai sesuai K13 pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Dalam melaksanakan penelitian ini, peneliti masih memiliki keterbatasan karena pembelajaran dilakukan dengan daring sehingga sulit dilakukan observasi berdampak sebagian data masih kurang akurat, keterbatasan jumlah informan, dan beberapa informan yang kurang serius.


Full Text:

PDF

References


Buku pengembangan dan implementasi kurikulum 2013, Prof. Dr. H.E. Mulyasa, M.Pd

Buku prinsip-prinsip desain pembelajaran disesuaikan dengan kurikulum 2013, Dr. Muhammad Yaumi, M.Hum., MA.

Buku pembelajaran dalam implementasi kurikulum berbasis kompetensi, Prof. Dr. H.WinaSanjaya, M.Pd.

Basiran. 2012. Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan dalam Belajar. Jurnal Edukasi Vol. 7, No. 1, 2012.

Departemen Pendidikan Nasional. 2015. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan. Nasional. https://www.kopertis7.go.id/ . Diakses pada 2 Juli 2019.

Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers.

Fadhly, Fahrus Zaman. 2013. Quo Vadis Kurikulum 2013. http://www.radarcirebon. com/quovadis-kurikulum-2013/. Diakses pada 2 Desember 2014.

Fadilallah. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Bandung: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Pedoman Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Kemendikbud. 2005. Undang-undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Pedoman Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidik.

Khurniawati. 2015. Strategi Guru dalam Menghadapi Kurikulum 2013. Surabaya: Edu Teach

Kunandar. 2008. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i2.3674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.