ANALISIS PERMASALAHAN GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN DARING PADA PANDEMI Covid-19

Rotama Enjel

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan guru dalam melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia dengan daring pada masa Pandemi Covid-19 di SMP Swasta RK Deli Murni, Bandar Baru tahun pembelajaran 2020/2021. Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripsi kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yaitu wawancara dan sumber data sekunder yang dapat menunjang penelitian. Pengumpulan data ini dilakukan dengan instrumen observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mengalami permasalahan perencanaan pembelajaran daring: dalam memahami regulasi perubahan kurikulum dan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19, koneksi internet buruk,, pemilihan model pembelajaran, peserta didik menyalahgunakan handphone, keterbatasan waktu, siswa mengikuti pembelajaran luring. Permasalahan guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring: melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia dalam bentuk praktik, tidak bisa menegur peserta didik secara langsung, kurangnya keseriusan peserta didik mengikuti pembelajaran daring, peserta didik kurang antusias dengan pembelajaran daring. Evaluasi pembelajaran: pembelajaran berjalan satu arah, siswa tidak mengerjakan dan mengumpulkan tugas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permasalahan yang dihadapi guru bahasa Indonesia dalam menerapkan pembelajaran daring adalah permasalahan yang juga dihadapi guru lain, tidak ada permasalahan khusus yang hanya dialami oleh guru bahasa Indonesia.

 


References


Anggraeni, Poppy. 2018. Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Proses Pembelajaran. Universitas Syiah Kuala: Jurnal Pesona Dasar.

Aprilian, Nur Millati Aska Sekha. 2020. Problematika Pembelajaran Daring pada Siswa Kelas IV MI Bustanul Mubtadin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Salatiga: Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Asmuni. 2020. Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. SMA Negeri 1 Selong, Kabupaten Lombok Timur: Jurnal Paedagogy.

Cahyani, Adhetya, dkk. 2020. Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Islam.

Darmadi, Hamid. 2015. Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI. Pontianak: Jurnal Edukasi

Darmalaksana, Wahyudin. 2020. Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemi Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 2021. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.

Kemendikbud. 2020. Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. Jakarta. Keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan republic Indonesia nomor 719/P/2020

Kemendikbud. 2020. Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Jakarta. Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020.

Khair, Ummul. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup: Jurnal Pendidikan Dasar.

Makrufah, Siti Nahiyatul. 2020. Analisis Kesulitan Guru Matematika MTs Pangeran Diponegoro Salaman Tahun Pelajaran 2019/2020 dalam Menerapkan Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) Selama Masa Pandemi Virus Corona. Institusi Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Mastur, Muhammad. 2020. Upaya Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemic Covid-19 (Studi Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Ngenep Karangploso Malang). Universitas Islam Malang.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v6i2.4464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.