EDUKASI GURU PAUD DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK MELALUI STORY TELLING
Dina Hidayati Husasuhut, Widya Utami Lubis
Abstract
Metode bercerita (story telling) salah satu metode yang efektif untuk pembelajaran. Metode ini disukai oleh anak-anak, remaja, bahkan orang yang sudah tua sekalipun. Selain memberikan pengetahuan dan contoh teladan yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, dan cerita juga sangat menghibur, kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan tujuan dapat membekali guru PAUD Nurul Hasanah dalam Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam bercerita atau story telling antara lain: diawali dengan doa, posisi yang pas saat bercerita, suara, penguasaan materi cerita, penjiwaan terhadap cerita yang mau diceritakan kepada anak, gerakan tubuh dalam bercerita, tangan tidak memenggang apa-apa kecuali alat peraga, tidak memutus cerita dengan teguran, tidak tergesa-gesa dan menggunakan kata-kata yang dimengerti anak serta yang terakhir ikhlas dan bersyukur. Adapun metode yang digunakan pada pelaksanaan kegiatan pengabdian ini yaitu melalui metode pendekatan sosialisasi dan simulasi berupa ceramah dan demonstrasi. Hasil dari pelaksanaan pengabdian ini diharapkan guru sudah memiliki produknya sendiri yaitu berupa cerita cerita yang menarik .sesuai dengan tema yang dipilih guru sehingga dapat digunakan pada tahun ajaran mendatang. Pada akhrinya besar harapan tim kegiatan pelaksanaan pengabdian melalui kegaitan ini guru-guru PAUD Nurul Hasanah dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak didik ,pengetahuan dan kecakapan diri dalam menyajikan pembelajaran yang lebih menarik minat siswa dalam belajar.
Keywords
Edukasi,Perkembangan Bahasa,Story Telling
References
syah. 2008. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan AUD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Agustina. 2008. Mendongeng Sebagai Energi Bagi Anak. Jakarta: Rumah Ilmu Indonesia.
Beaty, J. 2013. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Edisi Ketujuh. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Bromley, K.D. 1992. Language Arts. Boston: Allyn Publishing Company
Boltman, A. 2001. Children Story Telling Technology Differences in Ellaboration and Recall. http://itiscer.1st.psu.edo/563253.HTml [diakses tanggal 07 Juni 2016].
Dhieni, N. dkk. 2005. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka
DOI:
https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i1.5760
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id