EDUKASI GURU PAUD DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK MELALUI STORY TELLING

Dina Hidayati Husasuhut, Widya Utami Lubis

Abstract


Metode bercerita (story telling) salah satu metode yang efektif untuk pembelajaran. Metode ini disukai oleh  anak-anak,  remaja,  bahkan  orang  yang  sudah  tua  sekalipun. Selain memberikan pengetahuan dan contoh teladan yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, dan cerita juga sangat menghibur,  kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan tujuan dapat membekali guru PAUD Nurul Hasanah dalam Hal-hal  yang perlu diperhatikan  dalam bercerita atau  story telling  antara lain: diawali  dengan doa, posisi  yang  pas  saat  bercerita,  suara,  penguasaan  materi  cerita,  penjiwaan  terhadap  cerita  yang  mau diceritakan  kepada  anak, gerakan  tubuh  dalam  bercerita,  tangan  tidak  memenggang  apa-apa  kecuali  alat peraga, tidak memutus cerita dengan teguran, tidak tergesa-gesa dan menggunakan kata-kata yang dimengerti anak serta yang terakhir ikhlas dan bersyukur.  Adapun metode yang digunakan pada pelaksanaan kegiatan pengabdian ini yaitu melalui metode pendekatan sosialisasi dan simulasi berupa ceramah dan demonstrasi. Hasil dari pelaksanaan pengabdian ini diharapkan guru sudah memiliki produknya sendiri yaitu berupa cerita cerita yang menarik .sesuai dengan tema yang dipilih guru sehingga dapat digunakan pada tahun ajaran mendatang. Pada akhrinya besar harapan tim kegiatan pelaksanaan pengabdian melalui kegaitan ini guru-guru PAUD Nurul Hasanah dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak didik ,pengetahuan dan kecakapan diri dalam menyajikan pembelajaran yang lebih menarik minat siswa  dalam belajar.

Keywords


Edukasi,Perkembangan Bahasa,Story Telling

Full Text:

PDF

References


syah. 2008. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan AUD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Agustina. 2008. Mendongeng Sebagai Energi Bagi Anak. Jakarta: Rumah Ilmu Indonesia.

Beaty, J. 2013. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Edisi Ketujuh. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Bromley, K.D. 1992. Language Arts. Boston: Allyn Publishing Company

Boltman, A. 2001. Children Story Telling Technology Differences in Ellaboration and Recall. http://itiscer.1st.psu.edo/563253.HTml [diakses tanggal 07 Juni 2016].

Dhieni, N. dkk. 2005. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i1.5760

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.