PENGARUH KEMAMPUAN SISWA MENGIDENTIFIKASI GAYA BAHASA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agnis, Binar, 2009. Pantun Puisi Majas Peribahasa Kata Mutiara. Hi-Fest Publishing: Jakarta.
Anggraini, W. R., Sumantri, D. A., Purnomo, S. I., & Anggraini, P. (2019). Pengembangan media pembelajaran majas berbasis teknologi. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 1-8.
http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Deiksis/article/view/1322
Agustinalia, Irma. 2018. Majas, Idiom, dan Peribahasa Indonesia. CV Graha Printama Selaras: Sukoharjo.
Ayuwandira, A. H., Rambitan, S., & Mandolang, N. O. (2021). Diksi dan Gaya Bahasa dalam Lirik Lagu Kelompok Musik “Kraftklub”. JURNAL ELEKTRONIK FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS SAM RATULANGI, 23.
https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jefs/article/view/36553
Gunawan, Hadi. 2019. Majas Dan Peribahasa. Cosmis Media Nusantara: Yogjakarta
Gusar, M. R. S., & Irene, L. (2019). Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Karangan Narasi Berbasis Acara Televisi “Jika Aku Menjadi” Trans TV. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(3), 205-211.
Harefa, R. Y. R. (2022). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Audiovisual terhadap Kemampuan Menulis Cerpen.
Kartika, R. (2019). Pengaruh Metode Image streaming terhadap Kemampuan Menulis Cerpen di Kelas XI SMA IT Indah Medan. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 251-255.
Nafinuddin, S. (2020). Majas (Majas perbandingan, majas pertentangan, majas perulangan, majas pertautan).
https://osf.io/a8rwt
PINEM, J. B. (2021). Analisis Kemampuan Siswa Menentukan 5w+ 1h Dalam Teks Berita Kelas V Sd Negeri 064020 Medan Sunggal Tahun Pelajaran 2020/2021 (Doctoral Dissertation, Universitas Quality).
http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/1294/
Puspitasari, I. (2021). Analisis Gaya Bahasa Pada Novel Perempuan Bayangan Karya Netty Virgiantini Hubungannya Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sma. Edutama
http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/1582/
Rahayu, S., Rozak, A., & Mascita, D. E. (2020). Pembelajaran Teks Cerita Inspiratif Menggunakan Google Classroom: Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Teks Cerita Inspiratif. Jurnal Tuturan, 9(2), 81-88.
https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/jurnaltuturan/article/view/5135
Setiyanigsih, Ika. 2019. Ragam Gaya Bahasa. PT Penerbit Intan Pariwata: Yogyakarta
Siburian, R. D. (2022). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa dalam Kumpulan Cerpen Kompas Smokol.
Simanjuntak, F. P., & Sitohang, T. (2019). Pengaruh Menonton Film Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Inspiratif oleh Siswa Kelas IX SMP Negeri 40 Medan. Journal of Language, Literature and Teaching, 1(2), 107-116.
Simanjuntak, Panusunan. 2014. Beragam Cerita dari Perjalanan Kewartawaan ke Mancanegara. VEGAMEDIA: Bogor.
Sinaga, A. (2022). Analisis Gaya Bahasa Dalam Kumpulan Puisi Perahu Kertas Karya Sapardi Djoko Damono. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 950-957.
http://ulilalbabinstitute.com/index.php/JIM/article/view/213
Sitorus, P. J., & Panggabean, S. (2020). Studi Karakter Bernalar Induktif Pada Kemampuan Menulis Kritis Dan Ilmiah Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Hkbp Nommensen.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. ALFABETA: Bandung.
DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v7i2.6847
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id