WACANA PERSUASIF DALAM TAKARIR UNGGAHAN AKUN INSTAGRAM RESMI NADIEM MAKARIM

Aji Santoso, Rosantika Utami Setyoningsih, Muhammad Rohmadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk wacana persuasif dalam takarir unggahan akun Instagram resmi Nadiem Makarim @nadiemmakarim. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah takarir unggahan akun Instagram resmi Nadiem Makarim @nadiemmakarim dalam durasi waktu satu bulan mulai 16 September s.d. 16 Oktober tahun 2022. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak dan catat. Teknik dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis deskriptif interaktif. Teknik ini memiliki 4 komponen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 5 wacana persuasif yang dilihat dari sudut panjang tujuannya. Memberikan informasi (to inform) sebanyak 6 data, menimbulkan inspirasi (to inspire) sebanyak 6 data, meyakinkan (to convise) sebanyak 5 data, menghibur atau menyenangkan (to entertain) sebanyak 3 data, dan menggerakkan atau mengarahkan (to ectuate) sebanyak 8 data.

Keywords


wacana, persuasif, tujuan

References


Astuti, S. P. (2017). Persuasi dalam Wacana Iklan. NUSA: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 12(1), 38-45. doi:https://doi.org/10.14710/nusa.12.1.38-45

Eryanti, S. D. (2021). The Influence of the School Literacy Movement, Reading Interest, and Reading Materials on Reading Comprehension Skill of Class XI Students of MAN Bengkulu City Academic Year 2020/2021. Internasional Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(9), 432-441. doi:http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v8i9.3002

Fitria, G. D., & Yuniseffendri. (2021). Retorika Persuasif dalam Caption Postingan Akun Instagram Resmi Presiden Joko Widodo. Jurnal Bapala, 8(5), 175-186. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/41404

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama.

Pramitasari, A. (2018). Model Pembelajaran Menulis Wacana Persuasif Dengan Media Situs Jejaring Sosial Instagram Pada Mahasiswa Universitas Pekalongan. Prosiding Seminar Nasional Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia (PIBSI) 40 (pp. 471-476). Pekalongan: UNIKAL Press. Retrieved from https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/pibsi40/article/view/116

Septiningrum, L. D., & Gustiasari, D. R. (2021). Tindak Tutur Wacana Persuasif Larangan Membuang Sampah di Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan. Arkhais: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(1), 39-46. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/arkhais/article/view/22318

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistriyani, & Kuntoro. (2020). Analisis Wacana Persuasif Untuk Memotivasi Diri Dalam Poster Covid-19 Pembelajaran Daring Siswa Kelas 6 Al Mujib SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 7(1), 83-99. doi:http://dx.doi.org/10.30595/mtf.v7i1.9744

Susanti, N. T., & Widyana, R. (2022). Pengaruh Konsep Diri Membaca dan Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Minat Membaca Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 708-722. doi:https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4466

Yuli Sari, D. S. (2021). Analisis Wacana Persuasif Iklan Produk Kecantikan Pada Media Online Tribun Sumsel dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 2(2), 59-68. doi:http://dx.doi.org/10.52333%2Fdidactique.v2i2.873




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v7i2.6855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.