ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM INTERAKSI NON FORMAL PADA MASYARAKAT MULTILINGUAL DESA SUNGAI KERAN KECAMATAN SUNGAI RAYA KEPULAUAN KABUPATEN BENGKAYANG

Melly Syafitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk alih kode dalam interaksi masyarakat Melayu Dusun Parit Baru Desa Sungai Keran, mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya alih kode dalam interaksi masyarakat Melayu Dusun Parit Baru Desa Sungai Keran, dan mendeskripsikan implementasi hasil penelitian dalam perencanaan pembelajaran di sekolah menengah atas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu masyarakat Desa Sungai Keran, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang. Data yang diambil penggalan tuturan yang terdapat alih kode dan campur kode. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik rekam, teknik simak, dan teknik transkripsi. Alat pengumpul data dalam penelitian ini menggunakan peneliti sendiri sebagai intrumen kunci, handphone, alat pengeras, dan kartu pencatat data. Teknik analisis data dengan metode deskriptif bentuk kualitatif dengan teknik rekam dan catat. Hasil penelitian ini terdapat 30 data yang terbagi menjadi 13 data alih kode dan 17 data campur kode. Penelitian ini dapat diimplementasikan pada RPP untuk tingkat pendidikan SMA kelas X semester genap pada KD 3.1 Memahami prinsip bahasa Indonesia baku serta kaidah dasar tentang kata, frasa, klausa, dan kalimat bahasa Indonesia.


References


Al Ashadi. 2016. Pemakaian Bahasa Masyarakat Pontianak di Berbagai Ranah atau Konteks (Kajian Sosiolinguistik). Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(1), 420-429. Diakses: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/640/

Arni, A. 2014. Variasi Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Masyarakat Dwibahasa Kajian Sosiolinguistik Pada Masyarakat Madura Di Kota Pontianak Kalimantan Barat. Jurnal Pendidikan Bahasa, 3(1), 43-57. Diakses: https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/bahasa/article/view/174

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina, 2017. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Endraswara, Suwardi. (2013). Metodologi Penelitian Sastra, Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Irmayani, Musfetial, Purwiati. H. 2005. Alih Kode dan Campur Kode dalam Buletin Salam. Pontianak: Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Barat Jalan A. Yani Pontianak.

Moleong, Lexy. J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rokhman, Fathur. 2013. Sosiolinguistik Suatu Pendekatan Pembelajaran Bahasa dalam Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Satori, Djam’an. Aan Komariah. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Salim, Syahrum. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Cipta Pustaka.

Siswantoro. 2014. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susmita, N. 2015. Alih kode dan campur kode dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 12 Kerinci. Jurnal Penelitian Universitas Jambi: Seri Humaniora, 17(2), 87-98.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yakob, M., & Effendi, D. I. (2021). Alih Kode dan Campur Kode Dalam Tuturan Masyarakat Gampong Matang Seulimeng Kota Langsa. Jurnal Samudra Bahasa,4 (2), 36-52. Diakses: https://ejurnalunsam.id/index.php/JSB/article/view/4196




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v7i2.6873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.