PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTU MEDIA KANTONG AJAIB DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK

Andy Andy, Susan Neni Triani, lili Yanti

Abstract


.Penenlitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Asissted Individualization (TAI) berbantu media kantong ajaib dalam pembelajaran materi menulis cerita pendek  yang ada di semester ganjil kelas IX SMP. Secara rinci tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) kemampuan menulis cerita pendek sebelum dan sesudah diterapkannya pembelajaran menggunakan TAI; (2) mendeskripsikan keterlaksanaan proses pemebelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Asissted Individualization (TAI) berbantu media kantong ajaib, dan (3) mendeskripsikan respon siswa terhadap diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Team Asissted Individualization (TAI) berbantu media kantong ajaib pada materi menulis cerita pendek. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk pre-eksperimental design dengan rancangan one group pretest posttest. Hasil analisis data menunjukan bahwa: (1) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa dalam menulis cerita pendek antara sebelum dan sesudah diterapkannya model pemebelajaran kooperatif tipe Team Asissted Individualization (TAI) berbantu media kantong ajaib dengan nilai rata-rata N-gain 0,67 dengan kategori sedang, (2) Keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Asissted Individualization (TAI) berbantu media kantong ajaib  dalam pembelajaran menulis cerita pendek termasuk dalam kategori baik dengan perolehan presentase keterlaksanaan sebesar 79,54% dan (3) Respon belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Team Asissted Individualization (TAI) berbantu media kantong ajaib  untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek termasuk kedalam kriteria baik dengan presentase mencapai 88,7%. Demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran  kooperatif tipe Team Asissted Individualization (TAI) berbantu media kantong ajaib dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek, pelaksanaan pembelajaran terlaksana dengan baik dan respon siswa tergolong baik.

Keywords


Menulis, Team Asissted Individualization (TAI), Kantong Ajaib

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hidayat, Isnu. 2019. 50 Strategi Pembelajaran Populer. Yogyakarta: DIVA Press

Kosasih. E. 2019. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Yrama Widya.

Majid, A. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mahsun. 2014. Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Masruroh, Ainun. 2017. Rambu-Rambu Menulis Cerpen. Terbitan: Yogyakarta, pusat kajian Jakarta.

Mastini. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen melalui Metode

Pembelajaran Berbasis Pengalaman dan Media Audiovisual pada Sekolah

Menengah Pertama. Jurnal S2 Pendidikan Bahasa Indonesia, Volume 1

No. 1. Diakses, 10 Februari 2018.

Nawawi, Hadari. 2015. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.

Nurgiyantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPEF-Yogyakarta.

Nugraheni, Sri Aninditya. 2012. Penerapan strategi kooperatif learning dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Rachman, R.N. 2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen melalui Penggunaan Media Audiovisual Tayangan Televisi “Cermin Kehidupan Trans 7”. Jurnal Diksatrasia, Volume 1 No. 1. Diakses, 1 Februari 2018.

Rianto. 2017. Efektivitas Penggunaan Metode Sugesti-Imajinasi melalui Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Menulis Cerpen di SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia Vol. 1, No. 1. Diakses, 1 Februari 2018.

Riduwan & Akdo. 2013. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung:Alfabeta.

Muklim, Marlia. 2017. Kemampuan Menulis Cerpen Melalui Media Film Siswa Kelas VII Negeri 2 Palopo. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Sastra, Vol. 1, No 1. Diakses, 1 Februari 2018

Nurgiyantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta:BPFE-Yogyakarta

Sadirman, Arif S. Dkk. 2017. Media Pendidikan pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Saryono. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Nuha

Medika.

Simarmata, Janner. 2019. Kita Menulis : Semua Bisa Menulis Buku. 22 November 2019.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D). Bandung. Alfabeta

Tarigan, H.G. 2013. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v7i2.6884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.