PENGEMBANGAN MATERI AJAR TEKS FABEL BERBENTUK LEAFLET BERBANTUAN CANVA KELAS VII SMP

Mhd. Ichsan Ardhian, Fitriani Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi ajar teks fabel berbentuk leaflet berbantuan canva kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (RnD) yang menggunakan prosedur penelitian Borg and Gall. Subjek penelitian pengembangan ini diantaranya validator ahli materi, validator ahli media, guru mata pelajaran, dan siswa kelas VII Terpadu 1 SMP Muhammadiyah 1 Medan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan diantaranya wawancara dengan guru mata pelajaran dan angket yang akan digunakan untuk mengetahui kebutuhan siswa dan validasi kelayakan terhadap produk yang dikembangkan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar angket kebutuhan siswa, validasi ahli materi, ahli media dan guru mata pelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan jika produk yang dikembangkan dari penelitian ini yaitu materi ajar teks fabel berbentuk leaflet berbantuan canva kelas VII SMP sudah dalam kualifikasi sangat baik/sangat layak dengan nilai dari validator ahli materi sebesar 91,1%, validator ahli media sebesar 74,2% dan guru mata pelajaran sebesar 93,3% dan didapatkan rata-rata nilai sebesar 86,2% sehingga dapat disimpulkan produk pada penelitian ini sangat layak untuk digunakan oleh siswa dalam pembelajaran.

References


Agustianingsih, W., & Rosmaini. (2018). Pengembangan Leaflet Sebagai Bahan Ajar Materi Teks Eksplanasi Kelas XI SMK Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Universitas Negeri Medan, 251–266.

Hapsari, N. R., & Sumartini. (2016). Pengembangan Buku Pengayaan Apresiasi Teks Fabel Beruatan Nilai-nilai Karakter bagi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 13–22.

Helmi, T. D. (2022). Struktur dan Kaidah Kebahasaan Kumpulan Cerita Fabel dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII. Skripsi, 8.5.2017.

Hosni, P. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerita Fabel Berbasis Contextual Teaching And Learning di Kelas VII MTs Pancasila. Skripsi. http://repository.iainbengkulu.ac.id/9081/

Ismawati, E. (2012). Perencanaan Pengajaran Bahasa (2nd ed.). Ombak.

Mulyasa. (2017). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013 (5th ed.). Remaja Rosdakarya.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 1–18.

Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran (7th ed.). Prenamedia Group.

Sari, P. M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Leaflet Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Siswa SMP. Repository.Radenintan.

Sugiyono, D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Alfabeta.

Supardi. (2020). Landasan Pengembangan Bahan Ajar (1st ed.). Sanabil.

Winarso, W., & Yuliyanti, D. D. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbentuk Leaflet Berbasis Kemampuan Kognitif Siswa Berdasarkan Teori Bruner. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 11. https://doi.org/10.25273/jipm.v6i1.1287




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v8i1.7216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.