BENTUK DAN MAKNA PANTUN BAHASA DAYA DIALEK BANJAR AGUNG KECAMATAN BUAY RAWAN KABUPATEN OKU SELATAN

Eni Nurhalisa, Misriani Misriani, Darwin Effendi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis dalam mendeskripsikan bentuk dan makna pantun dalam bahasa daya dialek dan menjadi bahasa Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah Sumber data primer dan sekunder sumber data primer Teknik analisis data yang digunakan dengan analisis konten (analisis isi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pantun pada masyarakat Desa Banjar Agung Kecamatan Buay Rawan Kabupaten Oku. Selatan memiliki bentuk dan makna tertentu didalam pantun jika diucapkan sesuai dengan kegunaannya masing-masing. Berdasasrkan Hasil penelitian ini terdapat beberapa jenis pantun di Desa Banjar Agung dan memiliki yaitu struktur pantun pembacaan tingkat heuristik dari sepuluh bait pantun terdapat struktur atau susunan, funsi atau arti dari bait-bait tersebut yang dianalisis berdasarkan susunan Indonesia. Selanjutnya analisis berdasarkan pembacaan hermeneutik isi pantun ini menceritakan tentang kisah antara dua insan yang ingin menjalin kasih dengan saling menerima segala kekurangan untuk mencapai kehidupan bahagia sampai hidup mati mereka bersama.


Keywords


bentuk, makna, pantun bahasa daya.

References


Endraswara, M. (2013). Metodologi Penelitian Sastra Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Caps (Center for Academic Publishing Service).

Juwati. (2018). Sastra Lisan Bumi Silampari Teori Metode dan Penerapannya. Yogyakarta: Cv Budi Utama.

Karim, M. (2015). Menyelisik Sastra Melayu. Yogyakarta: Histokultura.

Gandini, M. ., Effendi, D. ., & Wahidy, A. (2022). Kajian Ketidaklangsungan Ekspresi Pada Kumpulan Puisi Sajak Bersama Kopi Karya Darwin Effendi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1597–1615. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5495

Mardianti, B., Fitriani, Y., & Missriani. (2022). Kearifan Lokal Budaya Bugis Dalam Mantra Cenningrara dan Mantra Pabbura Kajian Semantik Pada Suku Bugis di Desa Sumberjaya Kabupaten Banyuasin. Pembelajaran Bahasa Indonesia, 58-59.

Sugiarto, E. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Suaka Media.

Sugiarto, M. (2022). Buku Ajar Metode Penelitian . Bandung : CV. Feniks Muda Sajahtera Anggota IKAPI .

Misyuraidah. (2017). Gelar Adat dalam Upacara Perkawinan Adat Masyarakat Komering di Sukarame Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan. Raden fatah, 241-245.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v8i2.7538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.