Dampak dari Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning/PJBL) Pada Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP IT Al-Munadi Dalam Menulis Teks Ulasan Tahun Pelajaran 2022-2023

Fazry Suci Hasibuan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berbasis proyek (PJBL) terhadap kemampuan menulis teks ulasan pada siswa kelas VIII di SMP IT AL-Munadi Medan tahun pelajaran 2022/2023. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan melibatkan seluruh siswa kelas VIII di SMP IT AL-Munadi Medan  yang berjumlah 139 siswa. 25 siswa kelas VIII-5 dipilih menjadi sampel. Instrumen yang digunakan berupa tes esai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diterapkan model pembelajaran proyek, rata-rata kemampuan menulis teks ulasan adalah 52,20. Namun, setelah model tersebut diterapkan, kapasitas rata-rata meningkat menjadi 90,20. Analisis hipotesis dilakukan dengan membandingkan nilai thitung dan ttabel pada taraf signifikansi α = 0,05% derajat kebebasan dk = n1 + n2 - 2 = 48. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung (18,02) lebih besar dari ttabel (1,677), sehingga hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran proyek memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan menulis teks ulasan pada siswa kelas VIII di SMP IT AL-Munadi Medan tahun pelajaran 2022/2023.


Keywords


Project Based Learning; Pengaruh Model Pembelajaran; Rata-rata Kemampuan Menulis

References


Astuti, Y. W., & Mustadi, A. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V Sd. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 250. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2723

Elisa N., Ali M., dan K. (2015). Kemampuan Menulis Teks Ulasan/Resensi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kotagajah. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 3, 1–12. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/9111/5845

Firdaus, M. H., & Baisa, H. (2019). Jurnal Mitra Pendidikan ( JMP Online ). Jurnal Mitra Pendidikan, 3(4), 557–558.

Kastiyawan, M. A., Hudiyono, Y., & Ahmad, M. R. (n.d.). Dalam Pembelajaran Menulis Teks Ulasan Film/Drama Pada Siswa Kelas Xi Smk. 3(May 2017), 15–30.

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441

Krismasari Dewi, N. N., Kristiantari, M. . R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4), 278. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364

Ningrum, N. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Berbasis Pemecahan Masalah (Problem Solving) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Semester Genap Man 1 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 5(2), 145–151. https://doi.org/10.24127/ja.v5i2.1224

Niswara, R., Fita, M., & Untari, A. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap High Order Thinking Skill. 1992, 85–90.

Pujiastuti, I. (2021). Impementasi Project Based Learning Dalam Pembelajaran Abad 21 Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS SMA Nasional 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 1, 1–13. https://doi.org/10.30595/pssh.v1i.66

Purnomo, H., & Ilyas, Y. (2019). Tutorial Pembelajaran.

Purwanto, N. (2019). Variabel Dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Teknodik, 6115, 196–215. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.554

Putri, V., Waruwu, D., & Harefa, T. (2022). Peningkatan Kemampuan Menceritakan Kembali Teks Ulasan dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning. 1(1), 69–74.

Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2020). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(2), 85–96. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.343

Rinni, M. (2008). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Berdasarkan Gambar Seri Melalui Metode Latihan Pada Siswa Kelas 3 SDN 02 Polanto Jaya Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol . 1 No . 4 ISSN 2. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 1(4), 124–138. https://media.neliti.com/media/publications/255062-penerapan-model-pembelajaran-ttw-untuk-m-ef1ce9d5.pdf

Roflin, E. (2021). Pupolasi, Sampel, Variabel. Pontificia Universidad Catolica Del Peru, 02, 1–6.

Sari, A. Y., Astuti, R. D., & Pendahuluan, A. (2013). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK ANAK USIA DINI.

Suryadi, I., Suhartono, S., & Utomo, P. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas Viii Smp Negeri 17 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(2), 185–195. https://doi.org/10.33369/jik.v4i2.8334

Sutrisna, G. B. B., Sujana, I. W., & Ganing, N. N. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Berlandaskan Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 1(2), 84–93. https://doi.org/10.23887/jabi.v2i2.28898

Waruwu, L. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Ulasan. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 167–173. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.24

Yudiarmika, N. K. D., Sudiana, I. N., & Putrayasa, I. B. (2018). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 7 No 2 , Oktober 2018 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 7 No 2 , Oktober 2018. 7(2).

Zainiyati, H. S. (2010). Model Dan Strategi Pembelajaran Aktif (Teori dan Praktek dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam). CV. Putra Media Nusantara, 1–232. https://core.ac.uk




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v8i2.7786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.