UPAYA MENINGKATKAN MINAT MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MEDIA LAGU

Putri Juwita, Amanda Syahri Nasution

Abstract


Abstrak. Dalam proses belajar mengajar tidak terlepas dari kegiatan menulis apalagi dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Sebelum menulis diperlukan kecermatan dan sifat telaten dalam menunjukkan kata dan kalimat agar dipahami oleh orang lain. Menulis merupakan wujud kemahiran berbahasa yang mempunyai manfaat bagi kehidupan manusia, khususnya para siswa, dengan menulis siswa dapat menuangkan segala keinginan hati, keadaan hati di saat susah dan senang, sindiran, kritikan dan lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menjelaskan keaktifan penerapan pembelajaran karangan narasi dengan media lagu. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana pengkajian berdaur siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Hasil analisis data pada siklus I setelah dilakukan penggunaan media lagu, banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 15 dari 35 orang siswa (52%) dengan rata-rata kelas 69,2. Banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada siklus II dengan pendekatan belajar yang sama adalah 25 dari 35 orang siswa (60%) dengan rata-rata kelas 73. Hasil analisis data pada akhir siklus III dengan memaksimalkan penerapan penggunaan media lagu  beserta perbaikan dari siklus II, banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 32 dari 35 orang siswa (88%) dan rata-rata kelas 80.Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar klasikal.

 

Kata Kunci:Kemampuan,Menulis Puisi, Media Lagu

 

Abstract.  In the teaching and learning process can not be separated from writing activities especially in learning Indonesian language and literature. Before writing, carefulness and painstaking nature are needed in showing words and sentences to be understood by others. Writing is a form of language proficiency that has benefits for human life, especially students, by writing students can express all the desires of the heart, the state of the heart in times of difficulty and pleasure, satire, criticism and others. This research is a descriptive study that explains the active application of narrative essay learning with song media. This research is Classroom Action Research (CAR) where the study cycles cycle which consists of 4 stages: (1) planning, (2) implementation, (3) observation and (4) reflection. The results of data analysis in the first cycle after the use of song media, the number of students who achieved mastery learning was 15 out of 35 students (52%) with an average grade of 69.2. The number of students who achieved mastery learning in cycle II with the same learning approach were 25 out of 35 students (60%) with a class average of 73. The results of data analysis at the end of cycle III by maximizing the application of song media usage along with improvements from cycle II, the number of students who achieved mastery learning were 32 out of 35 students (88%) and grade 80 averages.Based on the criteria of classical learning completeness, this learning has reached the target of classical learning completeness.

Keywords: Ability, Writing Poetry, Songs Media


Full Text:

##PDF##

References


Hartoko, Dick. 1992. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta : Jakarta.

KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran) Tahun 2006 untuk SMA/MA KelasX Bidang Studi Bahasa dan Sastra Indonesia.

Situmorang, Sitor. 2006. Kumpulan Sajak 1980 – 2005. Jakarta: Komunitas Bambu.

Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi IV. 2008. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kajian Pustaka, 2014. Latar Belakang Masalah Penelitian, www.kajianpustaka.com/2014/04/latar-belakang-masalah-penelitian.html.

Firdaus, 2013. Kriteria Rumusan Masalah, https://firdausblogdotcom.wordpress.com/2013/03/30/kriteria-rumusan-masalah/.

Elviani, Siti. (2013). Pengaruh Media Lagu Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tebing Syahbandar Tahun Pembelajaran 2012-2013. Skripsi Sarjanah pada FBS UNIMED: tidak diterbitkan.

Kosasih. 2011. Ketatabahasaan Dan Kesusastraan Cermat Berbahasa Indonesia. Bandung: CV Yrama Widya.

Muslich,Masnur. 2008. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kapanlagi.Lirik Melly Goeslaw Bunda, https://m.kapanlagi.ccom/lirik/artis/melly-goeslaw/bunda/.

Dalman.H. 2014. Keterampilan Menulis.Jakarta: Rajawali Pers.

Akhied, 2013. Media Pembelajaran, http://united-akhied.blogspot.in/2013/03/media-pembelajaran.html

Herminegari. Fungsi dan Manfaat Media Pembelajaram, https://herminegari.wordpress.com/perkuliahan/fungsi-dan-manfaat-media-pembelajaran

Burhanuddin, Affid. 2013. Pengumpulan data dan Instrumen Penelitian, https://afidburhanuddin.wordpress.com/2013/05/21/pengumpulan-data-dan-instrumen-penelitian-3/

Widijanto, Tjahjono. 2014. Menulis Sastra Siapa Takut?. Joyakarta: Pustaka Puitika.

Widijanto, Tjahjono. 2011. Sastra Zaman Kapujanggan Hingga Kapitalisme: Gugusa Esai dan Telaah Sastra. Surabaya: Buku Kita.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i1.786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.